Katasulselcom, Sidrap – Musyawarah Daerah (Musyda) Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Sidrap dijadwalkan akan dilaksanakan pada 20 hingga 21 Mei, di Rappang, Kecamatan Pancarijang, Sidrap.

Ketua panitia pemilihan Panitia Musyda Muhamadiyah ke 14, Syamsu Tang saat dikonfirmasi, Kamis (18/mei/ 2023) mengungkapkan hasil Muspimda mengajukan nama sebagai bakal calon.

Syamsu Tang menjelaskan tahapan penjaringan bakal calon dimana sistim pemilihan pimpinan daerah Muhammadiyah 2022-2027 dimulai dari Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspimda).

Peserta Muspimda kata dia adalah seluruh pengurus PDM Sidrap, ditambah 4 perwakilan dari PCM yang berjumlah 12 di Kabupaten Sidrap dengan total 48 orang, ditambah dengan seluruh Ortom yang diwakili 2 orang.

“Praktis jumlah peserta Muspimda yang terlibat dalam musyawarah pada 10 April lalu sebanyak 74 orang,” ungkapkanya.

Dari hasil musyawarah pada 10 April lalu tersebut, peserta Muspimda mengusulkan nama-nama bakal calon dari tokoh-tokoh yang ada di persyarikatan Muhammadiyah Sidrap, yang kemudian muncul nama bakal calon sebanyak 64 orang.

Lalu, 64 nama tersebut kemudian diserahkan kepada panitia pemilihan (Panlih) dan berdasarkan tata tertib (Tatib) Panlih selanjutnya melakukan verifikasi selama sepekan pada nama-nama bakal calon yang diajukan.

“Dari 64 orang tersebut berdasarkan tatib yang memenuhi syarat sebanyak 39 nama, Panlih kemudian memberikan formulir kepada 39 nama tersebut untuk dimintai kesediaannya menjadi calon,” katanya.

Namun, Tambahnya dari 39 nama tersebut 3 orang menyatakan tidak bersedia dan 4 orang hingga saat ini belum mengembalikan berkas.

“3 nama bakal calon yang tidak bersedia kalau tidak salah adalah Dr. Usman, Dr. Muhammad Tahir dan Dr. Iqbal,” ungkapnya (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com