Katasulsel.com, Enrekang — Dinas Koperasi UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM telah sukses menggelar Pelatihan Kewirausahaan yang berlangsung selama empat hari di Hotel Grand Ismawan Makassar. Kegiatan ini diakhiri dengan penutupan yang dilakukan oleh Wakil Bupati Enrekang, Asman SE, pada hari Sabtu, 10 Juni 2023.

Pelatihan ini diikuti oleh 60 pelaku usaha kecil-menengah (UMKM) dari berbagai kecamatan di Kabupaten Enrekang. Para peserta terdiri dari pengusaha kuliner, kopi, pariwisata, aksesoris, dan sektor lainnya. Mereka mendapatkan pelatihan dan pembelajaran mengenai legalitas usaha, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), label Halal, desain produk, serta strategi pemasaran digital untuk menembus pasar global.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang, Drs. Sadikin, menyampaikan kegembiraannya atas kesuksesan pelatihan ini. Ia berharap bahwa keberhasilan pelatihan ini akan terlihat melalui perkembangan usaha para peserta, seperti peningkatan omzet mereka.

Wakil Bupati Asman juga memberikan apresiasi terhadap pelatihan ini. Ia menyatakan bahwa pandemi COVID-19 yang melanda sebelumnya membawa hikmah dengan memunculkan inovasi dan kreativitas dari UMKM. Oleh karena itu, pelatihan ini sangat penting untuk mengembangkan kreativitas tersebut.

“Saya meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak hanya melepas peserta setelah pelatihan selesai. Tetapi tetap melakukan pemantauan dan pendampingan agar ilmu yang didapatkan benar-benar diterapkan dan usaha mereka berhasil,” tegas Asman, yang juga menjabat sebagai Ketua Nasdem Enrekang.

Acara penutupan pelatihan ini dihadiri oleh Wakil Bupati, Kepala Kantor Pajak, pimpinan OPD, Kabid, para pendamping UMKM, dan para peserta. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan UMKM di Enrekang dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com
Edy Basri
Editor
Harianto
Reporter