Istanbul – Mitra binaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) PT Pertamina (Persero) telah mengukir prestasi gemilang dengan kehadiran mereka di Pameran Pasar Senggol Turkiye 2023, yang berlangsung di Istanbul, Turki. Kehadiran UMKM ini merupakan bukti nyata bahwa UMKM binaan Pertamina telah “naik kelas” dan siap bersaing di pasar global.

Pasar Senggol Turkiye adalah festival ekonomi dan budaya Indonesia yang digagas oleh Konsulat Jenderal RI Istanbul, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, dan Kementerian BUMN. Pameran ini bertujuan untuk mempromosikan budaya Indonesia dan memberikan platform kepada pengusaha Indonesia di Turki, terutama mereka yang bergerak di bidang produk makanan dan kuliner.

Konsulat Jenderal (Konjen) RI di Istanbul, Turki, Darianto Harsono, menyatakan harapannya bahwa Pasar Senggol Turkiye dapat menjadi sarana bagi UMKM Indonesia untuk merambah pasar Turki dalam upaya mendukung ekonomi nasional.

Sementara itu, Staff Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengungkapkan bahwa ini adalah kali kedua BUMN mendukung kegiatan Pasar Senggol. Menurutnya, kegiatan ini memberikan kesempatan bagi UMKM binaan BUMN untuk menjalin kerja sama dengan pelaku usaha di Turki. Arya menegaskan pentingnya tindak lanjut setelah pameran untuk menciptakan kerja sama yang berkelanjutan hingga UMKM dapat bersaing di pasar global.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina, menjelaskan bahwa Pertamina berkomitmen untuk meningkatkan kualitas mitra binaan UMKM agar dapat menjadi pelaku usaha yang sukses dan memperluas jangkauan konsumen hingga mancanegara. Program UMK Academy yang dimiliki Pertamina melatih dan mengembangkan produk UMKM agar dapat “naik kelas” dan diterima oleh konsumen internasional, seperti yang terlihat di pameran di Turki ini.

Selain pameran produk, kegiatan Pasar Senggol Turkiye juga memberikan peluang untuk pertemuan bisnis, khususnya di sektor restoran. UMKM Indonesia dapat bertemu dengan beberapa restoran Indonesia yang beroperasi di Turki, membuka peluang kerja sama yang saling menguntungkan.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com