Katasulsel.com, Sidrap — Senin, 24 September 2023, menjadi hari edukatif bagi warga Desa Kalempang, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap. Bertempat di Poskesdes Desa Kalempang, Ka Polkes 14.09.19 Sidrap, Serma H. Ambo Meru, S.Kep., Ns., didampingi Pgs. Pasiter Kodim 1420/Sidrap Letda Inf Murjalil, memberikan edukasi tentang pentingnya sunat atau khitan kepada anak-anak sebelum pelaksanaan kegiatan Sunatan Massal.

Serma H. Ambo Meru menyampaikan bahwa salah satu manfaat dari sunat atau khitan adalah untuk mengurangi risiko infeksi saluran kemih (ISK). Meski umumnya ISK lebih banyak terjadi pada wanita, namun pria yang belum sunat juga memiliki risiko tinggi terserang infeksi saluran kemih.

“Sunat atau khitan memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengurangi risiko infeksi saluran kemih. Selain itu, sunat juga dapat mencegah beberapa masalah kesehatan lainnya, seperti infeksi seksual, kanker penis, dan beberapa masalah lain yang berhubungan dengan penis,” ujar Serma H. Ambo Meru.

Edukasi ini penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat sunat, dan mengubah pandangan yang menganggap sunat hanya sebagai ritual agama. Dengan edukasi ini, diharapkan masyarakat bisa lebih memahami manfaat medis dari sunat dan berpartisipasi dalam kegiatan Sunatan Massal.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com