Katasulsel.com,Sidrap – Anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Kodim 1420/Sidrap terus menjalin kedekatan dengan masyarakat Desa Kalempang, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Pada hari Selasa, tanggal 17 Oktober 2023, mereka mengadakan kegiatan komunikasi sosial (komsos) yang istimewa sambil membantu warga setempat dalam tradisi memasak kue buroncong, menciptakan momen kebersamaan yang hangat dan berkesan.

Kue buroncong, merupakan kue tradisional khas Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan. Kegiatan ini diselenggarakan di Lokasi TMMD ke-118, dan melibatkan anggota Satgas TMMD bersama-sama dengan warga Desa Kalempang.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara Satgas TMMD dan masyarakat, menciptakan kesempatan berinteraksi, dan memahami lebih baik kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Sambil memasak kue buroncong bersama, mereka juga berbagi cerita dan pengalaman, menguatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan.

Sertu Suburhan, seorang anggota Satgas yang terlibat dalam kegiatan ini, menyatakan pentingnya komsos dalam membangun hubungan yang baik dengan masyarakat. “Kami ingin lebih mendekatkan diri dengan masyarakat Desa Kalempang. Kegiatan seperti ini membantu kami memahami budaya dan kehidupan mereka,” ujarnya.

Kue buroncong yang dihasilkan selama kegiatan ini merupakan bukti nyata kerja sama antara anggota Satgas dan warga. Semangat gotong royong dan kebersamaan tercermin dalam setiap langkah pembuatan kue ini, dari mencampur bahan hingga proses pemanggangan.

Buroncong adalah makanan yang memiliki rasa manis dengan cita rasa khas. Makanan ini umumnya terbuat dari beras ketan dan gula merah, dan dibungkus daun pisang sebelum dipanggang. Ini adalah hidangan yang sangat populer di berbagai daerah Indonesia dan sering dihidangkan dalam berbagai acara sosial.

Kepala Desa Kalempang, Suardi Rosi, menyambut baik inisiatif Satgas TMMD dalam mengadakan kegiatan komsos sembari memasak kue buroncong. “Kegiatan seperti ini mempererat hubungan kami dengan anggota Satgas dan merupakan contoh positif dari kolaborasi antara TNI dan masyarakat,” katanya.

Kegiatan ini juga menjadi momen yang menghibur dan menyenangkan bagi warga Desa Kalempang. Bersama-sama dengan anggota Satgas, mereka menikmati hasil buroncong yang mereka buat bersama, sambil tertawa, berbicara, dan merasakan kehangatan dari kerja sama ini.

Tradisi memasak kue buroncong menjadi pengingat bahwa meskipun Satgas TMMD adalah pasukan militer yang datang untuk membantu pembangunan, mereka juga peduli pada budaya dan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Momen kebersamaan seperti ini akan selalu menjadi kenangan yang berharga bagi semua yang terlibat.

Kegiatan komsos sambil membantu warga membuat kue buroncong menjadi contoh nyata bagaimana Satgas TMMD ke-118 Kodim 1420/Sidrap bekerja keras untuk membantu memajukan daerah sambil juga membangun hubungan yang kuat dan saling menghormati dengan masyarakat Desa Kalempang.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com