Katasulsel.com,Sidrap – Pencapaian bersejarah ditorehkan oleh anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Kodim 1420/Sidrap. Mereka berhasil menyelesaikan proyek pembangunan 2 unit MCK (Mandi, Cuci, Kakus) di Dusun 3 Paraja, Desa Kalempang, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Proyek ini adalah bagian dari upaya TMMD untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dan memastikan akses mereka ke fasilitas dasar yang layak. Sebelum proyek dimulai, kondisi sanitasi di Dusun 3 Paraja cukup memprihatinkan. Masyarakat desa harus menghadapi ketidaknyamanan dan risiko kesehatan karena keterbatasan fasilitas MCK yang memadai.

Namun, dengan semangat dan tekad kuat, anggota Satgas TMMD Kodim 1420/Sidrap bekerja keras untuk merubah kondisi tersebut. Mereka melihat bahwa sanitasi yang baik adalah hak dasar bagi setiap warga negara. Pekerjaan dimulai dengan tekad untuk menghadirkan perubahan positif di Desa Kalempang.

Dalam beberapa minggu terakhir, anggota Satgas TMMD telah bekerja tanpa lelah untuk membangun dua unit MCK yang memenuhi standar sanitasi dan kebersihan. Proses tersebut melibatkan perencanaan yang cermat, kerja keras, dan kolaborasi antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Kini, 2 unit MCK tersebut telah mencapai 100% penyelesaian. Dusun 3 Paraja, Desa Kalempang, memiliki fasilitas sanitasi yang layak bagi penduduknya. Masyarakat kini memiliki akses ke fasilitas mandi, cuci, dan kakus yang bersih dan aman, yang akan memberikan dampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Dalam situasi yang penuh haru, Bapak Jamal, seorang warga Dusun 3 Paraja, mengungkapkan rasa syukurnya. “Kami tak dapat mengungkapkan betapa bersyukurnya kami atas bantuan dari Satgas TMMD ini. Sanitasi yang lebih baik akan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan kami, terutama anak-anak,” katanya.

Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro., SE., M.I.Pol, Rabu, 18 Oktober 2023, terlihat sangat bangga dengan hasil yang telah dicapai oleh anggota Satgas TMMD. Ia mengatakan, “Kami telah bekerja dengan tekun dan tekad kuat untuk membawa perubahan positif ke Desa Kalempang. Ini adalah bukti bahwa ketika TNI, pemerintah, dan masyarakat bersatu, tidak ada tugas yang terlalu besar. Ini adalah nyanyian cinta kepada masyarakat dan komitmen untuk membangun masa depan yang lebih baik,” akunya

Proyek ini menunjukkan bahwa melalui kolaborasi dan kerja keras, perubahan positif dapat dicapai. Dengan adanya 2 unit MCK yang selesai, Dusun 3 Paraja, Desa Kalempang, kini memiliki fasilitas sanitasi yang memadai. Masyarakat dapat menikmati kualitas hidup yang lebih baik dan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com