Katasulsel.com,Wajo — Wajo adalah sebuah daerah yang kaya akan budaya dan tradisi yang unik. Ibu kota daerah berjuluk Bumi Lamadukkleng ini bernama Sengkang. Terletak di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Apa yang menarik dan unik dari daerah ini, salah satunya adalah keramahan warganya. Tradisi keramahan ini telah berlangsung sejak zaman dahulu kala dan menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat di daerah yang dipimpin oleh Bupati Amran Mahmud tersebut

Bupati Amran selama kepemimpinannya terus menjaga dan merawat tradisi itu. Ia memiliki peran yang sangat penting dalam mempromosikan nilai-nilai budaya dan menjaga identitas khas daerah yang dipimpinnya tersebut. 

Daerah Wajo memiliki sejumlah tradisi adat yang menunjukkan rasa hormat dan keramahan terhadap tamu. Salah satu tradisi yang paling terkenal adalah “Ade Na, Na popuang,” yang secara harfiah berarti “perilaku baik yang terjaga”. Motto ini mencerminkan pentingnya perilaku sopan, keramahan, dan sikap ramah terhadap siapa pun yang datang ke daerah ini.

Tokoh-tokoh penting dalam masyarakat Wajo, Andi Nurlina memberikan komentar mengenai pentingnya menjaga tradisi keramahan di Wajo itu.

“Keramahan adalah jati diri Wajo. Kami percaya bahwa dengan bersikap baik kepada orang lain, kita membangun hubungan yang kuat dan harmonis dalam masyarakat. Ini adalah warisan berharga yang harus diwariskan kepada generasi berikutnya,” ujar Andi Nurlina, Senin, 6 November 2023

Dalam upaya untuk menjaga dan mempromosikan tradisi keramahan ini, Pemerintah Kabupaten Wajo telah meluncurkan berbagai program pendidikan dan budaya. Mereka juga aktif dalam mengadakan acara-acara budaya seperti festival, pameran seni, dan kegiatan sosial yang mendorong interaksi positif antara warga setempat dan pengunjung.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com