Katasulsel.com — Pemerintah Kabupaten Pinrang kembali meraih 2 buah penghargaan tingkat Nasional tahun 2023, Selasa (28/11).

Kementerian kesehatan Republik Indonesia, kali ini memberikan anugerah sebagai Kabupaten Sehat melalui penghargaan Swasti Saba Wiwerda dan Penghargaan sebagai Kabupaten penyelenggara Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tingkat Madya tahun 2023.

Pada kesempatan ini, Bupati Pinrang Irwan Hamid berkesempatan menerima penghargaan ini secara langsung didampingi Ketua Kabupaten Sehat Kabupaten Pinrang Hj.A.Sri Widiyati Irwan yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro.

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi G.Sadikin mengungkapkan, urusan kesehatan merupakan urusan mendasar yang harus dipahami oleh setiap Pemerintah daerah.

Dampak perubahan iklim dan urbanisasi, lanjutnya menyebabkan urusan kesehatan terutama di kota besar menjadi urusan yang mengharuskan Pemerintah daerah mampu untuk memberikan pemahaman akan hidup sehat kepada masyarakat.

Keterlibatan masyarakat, lanjutnya, menjadi salah satu cara bagi Pemerintah Daerah terutama Kota agar masalah kesehatan dapat diatasi terutama penyakit – penyakit urban seperti demam berdara dan dengue.

Menkes Budi juga mengucapkan selamat kepada para pimpinan daerah yang meraih penghargaan kali ini dan tidak berhenti untuk berupaya menciptakan masyarakat sehat di wilayahnya masing-masing.

Beberapa waktu lalu, Bupati Pinrang Irwan Hamid berharap, 2 penghargaan ini menjadi bukti bahwa, Pemerintah Kabupaten Pinrang serius untuk menciptakan budaya hidup sehat ditengah masyarakatnya.

Dirinya pun berharap, masyarakat bisa ikut mendukung upaya pemerintah dalam merubah pola hidup mereka kearah yang lebih sehat.

Selain itu, kebiasaan hidup sehat diharapkan menjadi upaya preventive dalam mencegah timbulnya penyakit, baik menular maupun tidak menular yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat itu sendiri. (*/)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com