Katasulsel.com, Soppeng — Kementerian Agama Soppeng melalui Seksi Penmad mengadakan pembekalan Aparatur Sipil Negara (ASN) bagi guru-guru dan tenaga pendidik di MAN 1 Soppeng, Senin, 11 Desember 2023.

Kepala Madrasah MAN 1 Soppeng, Mus Muliyadi, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Muhammad Tonang, atas kehadirannya di kota kalong. 

Acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada ASN dalam meningkatkan kompetensi dan kreativitas dalam mengajar.

H. Muhammad Tonang, selaku Kepala Bidang Penmad Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, memberikan arahan dan pembinaan kepada ASN di lingkup MAN 1 Soppeng. 

Dalam sesi pembinaan ini, Tonang mengingatkan agar setiap guru disiplin dalam jam mengajar, meningkatkan kompetensi dan kreativitas dalam mengajar, memiliki semangat untuk bekerja keras dengan penuh pengabdian, loyal pada tugas dan pimpinan, serta memiliki tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.

Tonang juga menekankan pentingnya peran guru sebagai mentor dan teladan bagi peserta didik. Selain tugas mengajar, guru juga diharapkan mampu mendidik, membimbing, mengarahkan, menginspirasi, dan memberikan contoh yang baik kepada siswa.

Dalam konteks peningkatan kompetensi, Tonang menyarankan agar guru terus meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya agar mampu memberikan pengajaran berkualitas. 

Ia juga menegaskan bahwa sejalan dengan implementasi Kurikulum Merdeka, guru harus terus belajar untuk mampu mentransformasikan ilmu dan karakter baiknya pada peserta didik.

Pada akhir sambutannya, Tonang menekankan perlunya pengembangan minat, bakat, dan karakter unggul pada siswa. Dengan demikian, guru diharapkan mampu memberikan dampak positif pada peserta didiknya dan masyarakat secara keseluruhan.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com