KATASULSEL.COM, PAREPARE — Sabtu, 13 Januari, Lagota Cafe dan Resto menjadi saksi pelaksanaan Konferensi Daerah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Pengda Parepare dan sekitarnya. Dalam acara tersebut, Muhammad Arfah berhasil terpilih sebagai Ketua INI untuk periode 2024/2027.

Sebelumnya, pada rapat anggota yang digelar pada 3 Januari lalu, empat nama diajukan sebagai calon Ketua INI, yaitu Muhammad Arfah, Usfa Hakim, Zamrah Puspadewi, dan Ferawati. Namun, di Konferda, dua calon, Ferawati dan Zamrah, menyatakan mengundurkan diri karena kesibukan masing-masing.

Dalam proses pemilihan yang menggunakan pemungutan suara langsung, Muhammad Arfah berhasil memperoleh dukungan sebanyak 14 suara, sementara Usfa Hakim mendapatkan 4 suara. Kemenangan ini membawa Muhammad Arfah untuk memimpin Pengda Parepare dan sekitarnya dalam periode tiga tahun ke depan.

Selain memilih Ketua Pengda, Konferda juga memilih tiga orang anggota Dewan Kehormatan Daerah (DKD), yaitu Bustan, Zamrah Puspadewi, dan Arifuddin.

Setelah terpilih, Muhammad Arfah menyatakan kesiapannya untuk menjadikan INI sebagai organisasi yang profesional, mandiri, strategis, dan semakin dipercaya oleh masyarakat. “Misi saya bagaimana INI berpartisipasi aktif dalam menjaga eksistensi lembaga notariat, memperkuat karakter dan profesionalitas notaris, serta memperkuat Pengda Parepare sebagai organisasi yang profesional dan mandiri strategis, baik secara institusi maupun secara keanggotaan,” kata notaris asal Sidrap ini.

Pada kesempatan yang sama, Plt Ketua Pengda Parepare, Edy Stevanus SH, M.Kn, menyampaikan bahwa dalam berorganisasi, penting untuk selalu tersenyum dan mengedepankan aspirasi anggota. Ia juga memberikan apresiasi kepada panitia Konferda atas persiapan yang baik, serta meyakini bahwa INI akan lebih maju ke depan.

Pejabat Walikota Parepare, Dr Drs Akbar Ali, M.Si, yang diwakili oleh Kepala Badan Keuangan Daerah Catur Prasetyo, juga turut serta membuka Konferda. Catur Prasetyo berharap keberadaan INI dapat menjadi pilar utama dalam mewujudkan kepastian hukum di Indonesia.

“Saya mewakili Pemkot menyampaikan terima kasih atas kontribusi teman notaris dalam peningkatan PAD di Parepare. Pejabat walikota berterima kasih dan beliau mengapresiasi target yang diamanahkan ke Pemkot khususnya dalam hal perpajakan yang mencapai target 100 persen,” ujar Catur Prasetyo.

Catur juga mengajak INI untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan selaras dengan perkembangan zaman, serta meningkatkan kerjasama dengan pemerintah. Keberadaan notaris dianggap sebagai kunci utama dalam mengamankan perbuatan hukum dan menjamin kepastian serta perlindungan hukum masyarakat.

“Kita bersama menjalankan dan bersinergi dalam menjawab tantangan yang terus berkembang, dengan kerjasama Pemkot dan INI akan menciptakan lingkungan sehat dan kondusif,” tambahnya.

Catur mengajak pengurus INI untuk berpartisipasi dalam pembangunan daerah, berkomitmen mewujudkan pelayanan notaris yang profesional dan transparan, serta memperkuat sinergi antara INI dan pemerintah dalam mewujudkan pelayanan hukum di masyarakat.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com