Makassar, Katasulsel.com — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan terkait potensi cuaca ekstrem yang dapat berdampak pada sejumlah wilayah di Indonesia, baik hari ini, Minggu (3/3/2024), maupun esok hari, Senin (4/3/2024).

Dampak cuaca ekstrem yang diwaspadai meliputi hujan lebat disertai petir dan angin kencang, serta gelombang laut tinggi. Sebanyak 27 daerah di Indonesia dinyatakan dalam status waspada terhadap potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Daerah-daerah ini meliputi berbagai wilayah di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, hingga Papua.

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di beberapa wilayah, termasuk Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, dan Seram Bagian Timur.

Adapun daerah-daerah yang berpotensi hujan disertai petir antara lain Kepulauan Aru dan Kepulauan Tanibar pada sore hari, serta Jambi, Banjarmasin, Palembang, dan Palangka Raya pada pagi hari.

Kota-kota lainnya seperti Denpasar, Ambon, Mataram, Kupang, Jayapura, Manokwari, Mamuju, Serang, Palangka Raya, dan Samarinda diprediksi akan mengalami hujan ringan pada siang hari.

Di wilayah DKI Jakarta, diperkirakan akan terjadi hujan ringan pada pagi hari, diikuti hujan disertai petir pada siang hari dengan kelembaban udara mencapai 80-90 persen, dan mayoritas berawan pada malam hari dengan suhu berkisar antara 24-30 derajat Celcius.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menekankan perlunya peningkatan kesiapsiagaan menghadapi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidro-meteorologi di sebagian besar wilayah Indonesia.

Menurutnya, analisis cuaca menunjukkan bahwa hingga 8 Maret 2024, curah hujan tinggi di sejumlah wilayah bisa mencapai 150 mm hingga 300 mm, bahkan lebih.

Selain ancaman hujan lebat, BMKG juga memperkirakan sebagian besar wilayah pesisir Indonesia menghadapi risiko bahaya gelombang laut tinggi.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com