KATASULSEL.COM, SIDRAP — Babinsa Koramil 1430-06/Panca Rijang Sertu Alimuddin ikut serta dalam melatih siswa SMU Negeri 1 Sidrap olahraga lempar lembing di Lapangkan sepak bola Andi Cammi Kelurahan Rappang Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang, Selasa (30/01/24).

Olahraga lempar lembing merupakan salah satu cabang olahraga atletik. Olahraga ini membutuhkan teknik, kecepatan, dan kekuatan untuk dapat melemparkan lembing sejauh mungkin. Lempar lembing ini berasal dari dua kata, lempar yang berarti membuang jauh, dan lembing yang berarti tongkat berujung runcing.

Melempar adalah proses pemindahan benda dari satu tempat ke tempat lain dengan sekuat tenaga agar benda mencapai jarak maksimal. Melempar ini adalah unsur terpenting dalam kegiatan olahraga lempar lembing.

Menurut PASI (1988), lempar lembing adalah salah satu olahraga dalam cabang atletik yang menggunakan alat bulat panjang berbentuk tombak dengan melempar sejauh-jauhnya. Sedangkan menurut Jerver (1996), lempar lembing merupakan suatu gerakan sentuhan tangan dengan menggunakan benda berbentuk panjang yang dilempar sejauh mungkin.

Babinsa 1420-06/Panca Rijang Sertu Alimuddin menerangkan bahwa “Adapun yang kami latihkan hari ini yakni Teknik Dasar Lempar Lembing yakni Teknik Memegang Lembing, Teknik Lari, Teknik Membawa Lembing dan Teknik Melempar Lembing,” terang Babinsa.

“Harapannya kita dapat membantu anak sekolah di wilayah binaan kami untuk menjadikan mereka menjadi atlit atletik profesional nantinya dengan memberikan pelatihan dan arahan khusus untuk giat belajar dan berlatih demi cita cita mereka kedepan ,”harap Babinsa. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com