Bandung, katasulsel.com — Pemerintah Indonesia terus menggalakkan pembangunan dan pengembangan wilayah transmigrasi.

Untuk memfasilitasi kerjasama antar-pemerintah daerah dalam hal ini, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar acara Fasilitasi Penyusunan Naskah Kerjasama Antar Pemerintah Daerah Tahun 2024.

Acara yang berlangsung dari tanggal 6 hingga 8 Maret 2024 ini dilaksanakan di el Hotel Bandung, Jl. Merdeka No. 2, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Pada acara tersebut, Dr. H. Muhammad Rohady Ramadhan, S.IP., M.Si., Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sidrap, turut hadir sebagai salah satu pembicara.

Dalam paparannya, Rohady mempromosikan potensi daerah transmigrasi di Kabupaten Sidrap, khususnya di Desa Lagading, Kecamatan Pitu Riase. “Lokasi satuan permukiman Lagading memiliki pola pertanian lahan kering, lokasinya mudah diakses serta jaringan listrik sudah terpasang di lokasi,” ungkap Rohady.

Selain itu, Solihin, SS., Kepala Bidang Transmigrasi Diskop UKM Nakertrans Sidrap, menyatakan bahwa agenda tersebut diinisiasi oleh Kemendes PDTT melalui Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi.

“Acara ini dihadiri oleh sejumlah kepala dinas provinsi dan kabupaten yang membidangi ketransmigrasian, serta kepala biro setda provinsi dan kabupaten yang membidangi kerjasama,” jelas Solihin.

Acara ini menjadi momentum penting bagi pemerintah daerah untuk berkolaborasi dalam mengoptimalkan potensi transmigrasi guna mendukung pembangunan wilayah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. (edybasri)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com