Katasulsel.com, Jakarta — KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 kembali ke Tanah Air setelah menjalankan misi kemanusiaan membantu korban konflik Gaza. Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, menjadi inspektur upacara penyambutan di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara.

Dalam sambutannya, Panglima TNI mengapresiasi tugas kemanusiaan yang diemban oleh KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. Tugas tersebut adalah “melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri”.

Panglima TNI juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada prajurit TNI yang turut dalam Satgas muhibah atas dedikasi dan pengabdian dalam mengemban tugas negara.

KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono dan Dansatgas Port Visit Mesir 2024, Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji, tiba di Tanah Air setelah melakukan perjalanan selama 57 hari dengan jarak 10.983 nautical miles. Rute perjalanan meliputi Jakarta-Batam-Belawan-Jeddah-Al Arish Mesir, sebelum akhirnya kembali ke Jakarta.

Bantuan kemanusiaan seberat 242 ton telah dikirimkan ke Pelabuhan El-Arish Mesir. Bantuan tersebut berupa bahan makanan, selimut, pakaian, perlengkapan bayi, pakaian wanita, susu, tenda lapangan, perlengkapan kebersihan, air mineral, dan perlengkapan ibadah. Bantuan tersebut diserahkan kepada Egypt Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir) dan akan didistribusikan kepada korban konflik Gaza.

Selain itu, dalam acara tersebut juga dilaksanakan penganugerahan Satyalencana Santi Dharma dari Presiden RI kepada para prajurit TNI AL yang turut serta dalam satuan tugas tersebut. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, serta sejumlah pejabat tinggi di lingkungan Kementerian Pertahanan RI, Mabes TNI, dan Mabes TNI AL.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com