Masjid Baitul Adli Kejati Sulsel Gelar Siraman Rohani di Bulan Rajab

Makassar – Masjid Baitul Adli Kejati Sulsel kembali menggelar kegiatan keagamaan, Senin, 30 Januari 2023

Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Baitul Adli Kejati Sulsel itu, berupa kegaiatan siraman rohani dengan mengusung tema ‘Kemuliaan Bulan Rajab’.

Terpantau, pihak Masjid Baitul Adli Kejati Sulsel mendatangkan Ustaz Izhar Jamaluddin, S.Th.I dari Yayasan Al-Markaz Al-Islami Makassar selaku penceramah

Kemudian, dari depan mimbar, terlihat deretan jaksa dan pegawai Kejati Sulsel yang kebetulan beragama Islam kusyuk mendengarkan ceramah

Disampaikan Ustaz Izhar Jamaluddin, S.Th.I bahwa bulan Rajab termasuk bulan haram. Bulan haram adalah bulan-bulan yang dimuliakan.

Menurutnya, ada empat bulan yang diharamkan, yakni Dzulqaidah, Dzulhijah, Muharram, dan Rajab yang sangat diagungkan Allah SWT.

Mengingat Rajab salah satu bulan haram, maka momentum bulan mulia ini jangan disia-siakan oleh umat Islam.

Kesucian bulan haram telah dijelaskan dalam Al-Qur’an surah At Taubah ayat 36. Allah SWT yang Artinya, “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa,” akunya

Sepanjang bulan Rajab, sambung Ustaz Izhar Jamaluddin, S.Th.I, umat Islam dianjurkan untuk bertobat.

Disebutkan bahwa Allah SWT akan mengabulkan semua doa umat Muslim, termasuk permohonan ampun atas segala dosa yang pernah dilakukan.

Oleh karena itu amalan yang dapat dikerjakan di bulan Rajab antara lain membaca doa yang dicontohkan Rasulullah SAW saat memasuki bulan Rajab, puasa, hingga sedekah.

Selain itu, Ustaz Izhar Jamaluddin, S.Th.I mengajak semua jemaah memperbanyak istighfar sebagai amalan yang dapat dilakukan oleh seorang muslim di bulan penuh keberkahan ini.

Kasi Penkum Kejati Sulsel, Soetarmi., SH., MH usai mengikuti acara itu mengatkan, kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin oleh pengurus Masjid Baitul Adli Kejati Sulsel. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com