Katasulsel.com, ENREKANG — Bupati Muslimin Bando dan Wabup Asman menghadiri pelantikan perangkat desa se-Kecamatan Malua, Jumat 18 Mei 2023.

Ada 67 perangkat desa yang dilantik. Mereka adalah perangkat desa Tangru, Tallung Tondok, Rante Mario, Dulang, Buntu Batuan, Bonto, dan Kolai.

Pelantikan mengangkat tema ‘Memperkuat sinergitas bersama untuk membangun desa yang paripurna’.

Bupati mengingatkan, sesuai tema pelantikan, membangun desa harus sinergis. Utamanya sinergi antara kades dan perangkat desa.

Bupati sempat menyinggung ketidakharmonisan antara kades dan perangkatnya di salah satu desa.

Pemecatan perangkat desa tidak boleh sewenang-wenang. Harus didahului surat teguran 1-3. Kemudian meminta rekomendasi camat dan setelah semua itu terpenuhi baru bisa.

Selain itu, bupati juga menegaskan komitmen meningkatkan kesejahteraan perangkat desa. Pemda menyiapkan Rp1,4 miliar untuk tunjangan perangkat desa.

Senada dengan Bupati MB, Wabup Asman juga mengingatkan, perangkat desa adalah jajaran kades yang berupa satu kesatuan. Perangkat desa adalah mata, kaki dan tangannya pak desa.

“Harus solid, jangan ragu berinovasi karena pemda pasti dukung. Konsep pembangunan dengan visi Enrekang Emas itu berangkat dari desa,” ungkap Asman.

Ada banyak PR yang menanti pemda, kades dan perangkat desa. Mulai dari infrastruktur, hingga masalah stunting. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com