Katasulsel.com, Jakarta – Teliti soal politik Arung di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, mahasiswa asal Desa Parippung Kecamatan Barebbo Muhammad Asdar Prabowo raih sarjana bidang politik. Menurutnya, kerajaan Bone merupakan salah satu kerajaan terbesar di Sulawesi Selatan pada masanya. Pada era kerajaan, Arung pemilik utama sebagai kelas yang berkuasa dengan sistem kekuasaan yang ukuran paling pentingnya adalah keturunan.

“Pengaruh dari kalangan Arung atau bangsawan yang ada di Kabupaten Bone tidak bisa lepas dari sistem pemerintahan yang ada. Hal tersebut dikarenakan keterlibatan Arung maupun bangsawan Bone dalam sistem pemerintahan, sudah ada sejak masa kerajaan Bone” terang Alumni SMA Negeri 1 Watampone. 11/06/23.

Maka dari itu Arung di Bone sangat dipandang serta dihormati oleh setiap masyarakat Kabupaten Bone dengan nilai-nilai yang mereka miliki dimasa lalu dan diyakini sebagai pemimpin yang dapat memimpin Kabupaten Bone dengan baik.

“Ada keyakinan itu memunculkan stigma bahwa yang bisa memimpin Kabupaten Bone hanya dari kalangan Arung atau bangsawan saja karena mereka mempelajari hal itu lewat pendidikan yang lebih cepat mereka dapatkan dibandingkan dengan masyarakat Bone pada umumnya, ditambah pemamahaman terhadap nilai-nilai kepemimpinan yang diturungkan kesetiap generasi bangsawan yang dipersiapkan sebagai calon pemimpin dari Kabupaten Bone” jelas anak bungsu pasang Renreng dan Saripa.

Penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara secara mendalam ke setiap narasumber serta menggunakan studi literatur sebagai data penunjang penelitian. Di samping hal tersebut, penelitian ini menggunakan beberapa teori salah satunya adalah teori elit dari Gaetano Mosca dan beberapa konsep seperti, konsep demokrasi, dan konsep dinasti politik.

Tujuan dari penelian ini yaitu untuk mengetahui faktor pendukung dominasi dinasti bangsawan dalam jabatan bupati Kabupaten Bone tahun 2008-2018, ungkap pemuda kelahiran 30 Oktober 2001.

“Hasil penelitian saya menunjukkan bahwa
adanya dominasi dari kalangan Arung ataupun bangsawan pada pemilihan bupati Kabupaten Bone khususnya pada ranah kontestasi pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2008-2018. Hal tersebut dilihat dari tiga faktor yang mempengaruhi Arung maupun bangsawan sehingga bisa mendominasi di Kabupaten Bone yakni sistem kekerabatan, nilai-nilai bangsawan serta doktrin budaya.

Prosesi wisuda digelar di Sentul Internasional Convention Center daerah Sentul Bogor. Universitas Nasional (Unas) mewisuda lebih 800 mahasiswa dan mahasiswi yang terdiri program strata satu, magister dan doktoral. Kegiatan berlangsung hari Minggu, 11 Juni 2023 pukul 08.00 s.d Selesai.

Kedua orang tua Muhammad Asdar Prabowo mengaku senang dan bahagia atas wisuda anak bungsunya. “Kami selaku orang tua begitu bahagia atas wisuda anak bungsu kami, Alhamdulillah beliau berhasil meraih sarjana sosial bidang ilmu politik di Universitas Nasional” terang Renreng.

Saripa mengucapkan kepada seluruh civitas akademika Unas yang telah membimbing sepenuh hati buah hatinya. “Kami ucapan banyak terimakasih kepada seluruh civitas akademika Universitas Nasional yang telah membimbing anak kami selama 4 tahun, dan berhasil meraih sarjana. Asdar adalah anak bungsu kami, Kakaknya saat ini sedang menempuh program Doktoral Ilmu Akuntansi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang Banten” ungkapnya.

Ini adalah capaian yang luar biasa untuk saya, meskipun saya berasal dari kampung dan seorang anak petani akan tetapi saya memiliki kesempatan untuk menempuh Ki pendidikan tinggi di Ibu Kota, Jakarta. “Rasa syukur dan terimakasih terkhusus kepada kedua orang tua saya Bapak Renreng dan Saripa Ibu Saya, berkat perjuangannya lah saya bisa meraih sarjana, juga kepada Kakak, keluarga, sahabat dan teman-teman yang selalu mensupport selama proses menempuh pendidikan” tutup aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Unas.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com
Edy Basri
Editor
Harianto
Reporter