Katasulsel.com,Makassar – Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, SH. MH., bertindak sebagai Pembina Upacara dalam Pembukaan kegiatan Adhyaksa Camp Pramuka 2023, Jumat, 16 Juni 2023. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 yang mengusung tema “Membentuk Karakter Jiwa Adhyaksa”.

Adhyaksa Camp Pramuka 2023 diselenggarakan oleh Kejaksaan Negeri Makassar bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar. Acara pembukaan ini dihadiri oleh Pejabat Utama Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, seperti Wakajati SulSel Zet Tadung Allo, SH. MH., Asisten Pembinaan Nur Asiah, SH. MH., dan sejumlah pejabat lainnya. Hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, H. Muhyiddin, SE. MM., serta Kepala Kejaksaan Negeri Makassar, Andi Sundari, SH. MH., beserta jajarannya.

Upacara pembukaan ini diikuti oleh 800 siswa anggota Pramuka yang terbagi dalam 100 regu. Sebelum memberikan amanatnya, Kajati Sulsel Leonard Eben Ezer Simanjuntak menyampaikan rasa bangga dan terharu atas semarak dan khidmatnya pelaksanaan acara Adhyaksa Camp Pramuka 2023 ini. Beliau juga mengenang masa-masa kecilnya saat menjadi petugas Upacara kegiatan Pramuka dan berpesan agar anak-anak pramuka yang mengikuti acara ini dapat melahirkan adhyaksa-adhyaksa muda yang memimpin bangsa ini.

Dalam amanatnya, Kajati Sulsel Leonard Eben Ezer Simanjuntak menyampaikan bahwa Adhyaksa Camp Pramuka 2023 dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 yang jatuh pada tanggal 22 Juli 2023 dengan tema “Membentuk Karakter Jiwa Adhyaksa”. Tema ini sangat relevan dengan tugas dan peran seorang Adhyaksa dalam memperjuangkan keadilan dan melindungi hak-hak warga negara.

Adhyaksa Camp 2023 merupakan kegiatan yang kedua kalinya dilaksanakan sejak tahun 2022 dan telah menjadi agenda rutin Kejaksaan Negeri Makassar dan Dinas Pendidikan Kota Makassar setiap tahunnya. Kegiatan ini bertujuan untuk membina dan membangun nilai, sikap, dan perilaku sejak dini melalui berbagai kegiatan Gerakan Pramuka. Selama kegiatan perkemahan ini, diharapkan siswa-siswi pramuka dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, memperkuat tali silaturahmi, serta menghadapi tantangan dan permasalahan dengan semangat kebersamaan dan kejujuran.

Selain itu, Adhyaksa Camp Pramuka 2023 juga bertujuan memberikan edukasi kepada anak-anak tentang Lembaga Kejaksaan RI dan pemahaman hukum sejak dini, sejalan dengan Program Penerangan Hukum dan Program Jaksa Masuk Sekolah yang menjadi tanggung jawab bersama dalam membentuk kesadaran hukum masyarakat.

Kajati Sulsel Leonard Eben Ezer Simanjuntak juga menekankan pentingnya menjadikan Adhyaksa Camp ini sebagai wahana untuk memperkuat iman, rasa percaya diri, sikap mandiri, dan rasa nasionalisme yang tinggi. Selain itu, tujuan dari kegiatan ini adalah mengajarkan anak-anak pramuka tentang kebiasaan mengenal lingkungan dan alam secara dekat, karena alam dapat memberikan materi pelajaran yang berharga serta menjadi media evaluasi yang baik. Dengan demikian, diharapkan anak-anak akan menjadi pribadi yang tangguh dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Kajati Sulsel Leonard Eben Ezer Simanjuntak berharap agar Adhyaksa Camp tidak hanya menjadi agenda tetap bagi anak-anak pramuka perwakilan SMP di Makassar, tetapi juga dapat diikuti oleh seluruh pramuka SMP di Sulawesi Selatan. Di akhir sambutannya, beliau menyampaikan harapannya untuk menjadikan Adhyaksa Camp sebagai agenda nasional yang melibatkan seluruh pramuka di Indonesia. Dengan demikian, Sulawesi Selatan dapat menjadi tolak ukur keberhasilan pembangunan dalam upaya membangun generasi emas yang berkarakter, bebas dari korupsi, kolusi, nepotisme (KKN), serta penyalahgunaan narkoba.

Adhyaksa Camp Pramuka 2023 di Makassar ini merupakan momentum penting dalam membangun jiwa dan karakter Adhyaksa muda yang tangguh dan bertanggung jawab. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi siswa-siswi pramuka serta meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya keadilan, kebersamaan, dan kesadaran hukum.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com