Katasulsel.com, -Pemerintah Daerah Kab. Soppeng bekerjasama Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar melaksanakan acara Kompetisi Kepala Sekolah dan Guru Berbasis Jurnal dan PTK Pemerintah Kabupaten Soppeng, bertempat di Aula Hotel Maryam Palace Jln Kayangan Kecamatan Lalabata. Jumat, 14 Juli 2023

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Nur Alim, M. Pd dalam laporannya, tujuan umum kegiatan ini yaitu diharapkan dapat mendorong Kepala Sekolah dan Guru agar memiliki kompetensi dilingkup kerjanya dapat berdaya guna dan berhasil guna utamanya dalam menghasilkan karya berupa Jurnal dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta diharapkan semua Kepala Sekolah dan Guru mudah dalam pemenuhan kredit berkaitan dengan Karya Ilmiah dan Kenaikan Fungsional.

Adapun tujuan khususnya yaitu membekali peserta dengan pengetahuan dan pemahaman tentang penulisan Jurnal terakreditasi nasional, membekali peserta dengan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai kebijakan yang berkaitan dengan bidang tugas dan profesinya, membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan tentang tehnik penelitian tindakan kelas. membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pengunaan internet untuk memperoleh informasi Jurnal dan penelitian sebelumnya berkaitan dengan topik yang kita teliti. Membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan tentang Laporan hasil penelitian yang telah diseminarkan.

Waktu Pelaksanaan Kompetensi terhitung mulai tanggal 14 s.d. 15 Juli 2023 selama 2 hari sebanyak 32 JPL dimana 16 JPL adalah In training dan 16 JP On training dilaksanakan di Hotel Maryam Palace Soppeng.

Peserta terdiri dari Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Para Guru tingkat Sekolah Dasar, Sekolah menengah Pertama se- Kabupaten Soppeng jumlahnya berkisar kurang lebih 141 Orang.

Penyaji selaku penceramah dan pengajar/Fasilitator terdiri atas: Pembicara dari Dosen dan dari Lembaga sertifikasi Profesi tingkat Nasional yang teruji sebagai Assesor. Dan Pembimbing Pelatihan dan Praktek seluruhnya terdiri atas Dosen yang berkualitas dan Dosen yang tersertifikasi dengan kualifikasi pendidikan S3 dan professional dibidangnya.

Sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan pelatihan kompetensi kepala sekolah dan guru ini adalah terbinanya dan adanya pemahaman kepala sekolah tentang pentingnya kompetensi di bidang karya ilmiah berkaitan dengan jurnal dan penelitian tindakan kelas.

Wakil Dekan 1 Fakultas Adab dan Humaniora UIN Makassar dan Asessor Badan Nasional Sertifikasi Profesi Pusat, Prof. DR. Andi Ibrahim, S. Ag., SS., M. Pd dalam sambutannya :

Kami selaku Asessor ketika memeriksa ternyata kelemahan guru yang akan naik pangkat kurang pada saat pembuatan jurnal dan laporan penelitian khususnya penelitian tindakan kelas. Oleh karena itu, saya ucapkan terimakasih atas kerja sama ini dan ke depan semoga dapat dipertahankan.

Melalui kesempatan ini, kita akan berbekal diri dan bersinergi bersama yang bukan hanya melibatkan UIN Alauddin tapi juga berbagai pihak lainnya terkhusus Pemerintah Daerah Kab. Soppeng.

Mulai hari ini sampai 2 hari kedepan, pelatihan ini akan kami pantau karena peraturan yang baru menyatakan bahwa semua PNS tak terkecuali harus mengikuti pelatihan selama 32 JPL dalam 1 tahun.

Sambutan Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE sekaligus membuka acara secara resmi Atas nama Pemerintah Daerah, saya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini, yang mana Pemerintah akan senantiasa memfasilitasi semua kebutuhan yang diperlukan dalam peningkatan pendidikan di Kab.Soppeng. Walaupun daerah lain juga melakukan hal ini, namun kami dalam mengambil langkah cepat dan konkret pasti tidak sama, sehingga pelaksanaan kegiatan seperti ini sangat diharapkan karena terdapat beban yang harus tugas yang harus dilaksanakan.

Sebagai pimpinan daerah tentu juga ingin menjadi bagian dari sejarah, dimana saya bercita-cita ingin menjadikan Kab. Soppeng menjadi kota pendidikan yang saat ini mulai kelihatan walaupun belum sepenuhnya tapi kita dapat melihat sudah banyak anak-anak kita yang memiliki prestasi dan diterima dalam SNMPTN.

Kami juga sudah mulai menggagas kerjasama dengan Perguruan Tinggi termasuk dengan Unhas dan tidak menutup kemungkinan kita juga akan menjalin kerja sama dengan kampus lain. Hari ini kita melakukan kegiatan seperti ini agar teori dan praktik dapat berkesinambungan sehingga dapat menghasilkan SDM yang hebat dan dapat menghasilkan sesuatu yang baik.

Jadi saya berharap agar melalui kegiatan ini, kita dapat memberikan karya-karya yang terbaik. Oleh karena itu, kegiatan ini jangan disia-siakan karena semua yang hadir adalah orang hebat dibidangnya yang mampu memberikan ilmu yang luar biasa untuk kita.

Acara dilanjutkan penyerahan cenderamata oleh Narasumber kepada Bupati Soppeng, Kadis pendidikan dan kebudayaan, dan Kepala BKPSDM Kab. Soppeng.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com