KATASULSEL.COM, SIDRAP – Pada hari Senin, tanggal 17 Juli 2023, pukul 08.00 Wita di Lapangan Kompleks SKPD Kab.Sidrap Jln.Harapan Baru,Kel.Batu Lappa, Kec.Watangpulu Kab.Sidrap, telah dilaksanakan kegiatan Upacara Integrasi Nasional tingkat Kabupaten Sidenreng Rappang.

Dalam kegiatan ini, terdapat beberapa perangkat upacara yang melibatkan tokoh-tokoh penting di daerah ini. Inspektur Upacara dijabat oleh Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, S.E., M.I.Pol. Sedangkan Komandan Upacara dijabat oleh Danramil 1420-05 Tanru tedong, Lettu inf Ratno S.sos. Tidak hanya itu, ada juga perwira upacara, pengucap Saptamarga, pengucap Tri Brata, serta staf BKPSDM pembaca Undang-undang dan Panca Prasetya korps.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh berbagai tokoh di tingkat Kabupaten Sidenreng Rappang, seperti Sekda Kab.Sidrap, DR. Ns. H. Basra, S.Kep., M.Kes yang mewakili Bupati Sidrap, serta Wakapolres Sidrap, M.Akip yang mewakili Kapolres Sidrap. Selain itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir Andi Faisal Ranggong M.T, Kepala Kejaksaan Negeri Kab.Sidrap, Hasnadirah SH.MH, Kasdim 1420/Sidrap, Mayor Arm Ari Widarto, dan Kemenag Kab.Sidrap, DR. Idris Usman S.ag, MA juga ikut hadir dalam kegiatan tersebut. Tidak ketinggalan, para pewira staf Dim 1420/Sidrap, Kapolsek Watang Pulu, serta para Asisten dan Kepala OPD Kabupaten Sidrap serta Kepala SKPD Kab.Sidrap juga hadir dalam upacara ini.

Dalam amanatnya, Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M.I.Pol. menyampaikan bahwa kegiatan upacara integrasi nasional ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme serta sebagai perwujudan semangat kebangsaan dan cinta terhadap tanah air. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana komunikasi bagi forum komunikasi pimpinan daerah (forkopindah) untuk menyampaikan kebijakan dan petunjuk guna menyongsong tugas ke depan yang semakin kompleks dan dinamis.

Dalam amanatnya, Dandim juga mengimbau kepada seluruh peserta upacara untuk menanamkan jiwa patriotisme sehingga menjadi bagian dari keluarga besar patriot bangsa dan menjadi garda terdepan dalam menjaga kemurnian Pancasila dalam berbangsa dan bernegara. Dengan pelaksanaan upacara integrasi ini, diharapkan kesadaran bela negara khususnya dalam sikap dan karakter kepemimpinan, kedisiplinan, kebersamaan, dan rasa cinta terhadap tanah air dapat meningkat.

Peserta upacara terdiri dari berbagai komponen, seperti Satuan Setingkat Kompi (SSK) Dim 1420/Sidrap, Satuan Setingkat Regu (SST) Polres Sidrap, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Nakes dan Pemuda Pancasila, PGRI, serta ASN Kopri, ASN Keki, dan ASN Kemenek.

Kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar. Pukul 08.40 WITA, kegiatan selesai dalam keadaan aman dan lancar. Melalui kegiatan ini, diharapkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air makin mengakar dalam diri seluruh peserta upacara.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com