Katasulsel.com, -Kahayya bagi kebanyakan warga Bulukumba memang sudah terdengar familiar, tapi bagi warga luar Kota Bulukumba masih asing atau mungkin hanya pernah di dengar dari cerita para kerabat atau keluarga yang pernah berkunjung ke daerah ini. Siapa sangka pesona kahayya dan pemandangan di kaki gunung Bawakaraeng ini bagai surga yang tersembunyi.

Kahayya adalah sebuah desa di ujung Kecamatan Kindang Kab. Bulukumba terletak persis di kaki gunung bawa Karaeng, berbatasan langsung dengan kabupaten Sinjai.

Kahayya diartikan oleh masyarakat sekitar sebagai “Kopi”, konon tumbuhan kopi memang berkembang pesat disana, Desa Kahayya terletak sekitar 40 kilometer dari jantung kota Bulukumba.

Desa ini pun menjadi salah satu destinasi wisata alternatif yang bisa untuk anda kunjungi ketika berada di Sulawesi Selatan. Suasana pedesaan yang sejuk dan asri masih terjaga di desa satu ini. Selain itu panorama perbukitan dan pepohonannya yang menghijau menjadi ciri khas tersendiri.

Di Kahayya ada pula kopi yang khas yang bisa anda coba, kopi dari hasil perkebunan warga sekitar yang dikelola dan di olah dengan cara tradisional, dan juga cocok untuk bisa menjadi bungkusan kecil yang di bawa pulang. anda pun juga bisa berjalan jalan di desa satu ini dengan bercengkrama dengan keramahan warga sekitar.

Selain itu spot wisata lain yang bisa anda kunjungi ketika berada disini adalah bukit Donggia. Bukit satu ini akan membuat anda terpesona karena lembabnya udara tropis dan hijaunya pepohonan.

Pada puncak Donggia ini, nantinya anda juga akan bisa untuk melihat pemandangan alam yang terdiri dari gugusan perbukitan yang berwarna hjau dan juga bukit yang memiliki bentuk berkelok kelok mengikuti lekukan kaki bukit. Dimana membelah wilayah dari Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bulukumba.

Tak hanya itu saja, ada pula Danau Lurayya, hamparan air yang tampak seperti lapangan hijau serta kondisi alam sekitar yang tenang dan damai. Di kawasan satu ini sering kali menjadi destinasi wisata bagi anak muda dan remaja untuk melakukan kemah ataupun kegiatan camping.

Jika anda sedang berkunjung ke Kab. Bulukumba, kami sarankan untuk mampirlah sejenak ke Desa Kahayya untuk menikmati pesona alamnya yang luar biasa.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com