Hari itu, cuaca di Kota Pangkajene, ibukota Kabupaten Sidenreng Rappang cukup cerah. Menjelang pukul 09.00 WITA, aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) terlihat ramai dan nyaris penuh.

Penulis: ABDUL MUIN L.O.
Redaktur Pelaksana NuansaBaru.ID
& peserta Workshop Jurnalistik Digital

PENGUNJUNGNYA macam-macam. Ada uniform TNI, Polri, ASN, ada berjaket almamater perguruan tinggi dan kostum lainnya. Terbanyak berpakaian bebas rapi. Sesaat kemudiaan, suara MC berkumandang via sound system menyatakan Workshop Nasional Jurnalistik Digital Ikatan Wartawan Online (IWO) Sidrap persegera dibuka.

Terlihat, hadir H. Bachtiar, S.Hi., M. Si selaku Keynote Speeker workshop ini. Sosok ini sekaligus mewakili Bupati Sidrap sebagai unsur pemerintah. H. Bachtiar
yang juga Kadis Komunikasi dan Informatika Pemkab Sidrap amat mengapresiasi digelarnya workshop ini.

Sebagai representasi Pemkab Sidrap hari itu, H Bachtiar yang juga dikenal sebagai mubaliq menyadari betul betapa penting dan dibutuhkannya peranan pers untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan.

Sembari menitipkan pesan-pesan Bupati Sidrap, Kadiskominfo mengklaim, tidak akan ada artinya program dan kegiatan yang dilakukan pemerintah tanpa keberadaan media untuk mempublikasikan dan mensosialisasikan kegiatan itu kepada masyarakat.

Dengan merujuk pada pesan-pesan bupati H Bachtiar pada intinya menegaskan, dengan perananan strategis itu, dibutuhkan jurnalis yang berakhlak, berkarakter dan beretika untuk memproduk informasi dan konten-konten positif yang dipublukasikan kepada masyarakat. Media jalan, etika juga jalan.

Selain Kadiskominfo, hadir juga Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro yang juga dikenal cukup bersinergi dengan media. Terbukti saat itu sejumlah personil TNI (bukan 1 orang) diutus menjadi peserta workshop jurnakistik.

Sejatinya, Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah juga identik dengan Dandim Sidrap yang cukup peduli dengan media. Hari itu Kapolres hanya mengutus wakilnya dan dipastikan ketidakhadirannya karena faktor adanya agenda kedinasan yang bersamaan giat itu.

Navigasi Media Jurnalistik di Era Digital, Nuansa Jurnalistik Kekinian

Kesan pertama dari giat (baca: kegiatan) ini, unsur dikenal pemerintah, aparat keamanan dan unsur lainnya begitu peduli dan bersinergi menghadiri ajang kewartawanan ini. Dèmikian juga peserta workshop merefleksikan antusiasme yàng cukup tinggi.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com