Terbukti, dari 100-an lebih peserta yang hadir cukup bervariasi. Ada wartawan muda maupun senior, personil TNI, Polri, mahasiswa, ASN dari instansi, karyawan swasta, pengusaha, organisasi dan unsur lainnya.

Intinya, panitia sebagai representasi IWO berhasil merangkum berbagai elemen dan stakeholder serta mampu menarik minat khlayak untuk peduli dengan eksistensi jurnalistik sebagai salah satu vilar demokrasi.

Kesan berikutnya, Ketua IWO (baca: Pengurus IWO) Sidrap terbilang peka dan jeli memilih topik dàn tema situasional. Akrab dengan kondisi zaman perjalanan jurnalistik kekinian sehingga sasarannya mengena. Seperti apa itu?

Topiknya, seputar Jurnalistik Digital dan temanya, “Navigasi Media di Era Digital”. Satu topik dan tema yang bisa dimaknai bahwa saat ini banyak orang yang mau mendalami paling tidak mau mengenal seperti apa sebenarnya jurnalistik dan media digital itu.

Media digital dimaksudkan dikenal masyarakat dengan nama media online alias media cyber, yang tengah merebak menyertai era milenium saat ini. Dalam ungkapan klasik bisa disebut seperti jamur di musim hujan.

Sepintas dari satu sisi, kemudahan dan kecepatan menikmati informasi dan kemanfaatannya jelas dirasakan publik. Namun secara hukum alam setiap perkembangan dipastikan ada ekses dan problematika yang menyertainya.

Nah, dari asumsi sederhana inilah dimintai atau tidak diminta secara simultan alam bawa sadar banyak orang terangsang adrenalinnya untuk mau mengetahui kedalaman misteri informasi digital itu. Poin positifnya, meski IWO Sidrap hanya berbasis lokal tapi mampu menangkap sinyal yang berwawasan nasional, bahkan berwawasan global.

Narasumber Workshop Kompeten

Sekarang, bagaimana pemanfaatan narasumber sebagai pemateri workshop. Kesannya, secara makro, panitia dinilai kreatif memanfaatkan narasumber kompeten di bidangnya sehingga tak mengecewakan.

Kita sebut saja, ada Zulkifly Thahir, S.E, Ketua PW IWO Sulsel. Zulkifli Thahir yang juga Pimred Koran Makassar.com merupakan jurnalis visioner. Ada juga Muh. Kharis Syah, S. Pd, jurnalis berwawasan yang belakangan direkrut jadi ASN karena memiliki keterampilan media yang tak diragukan.

Pemateri lainnya, Alfiansyah Anwar, S. Ksi, M.H, dosen Ilmu Jurnalistik IAIN Kota Parepare. Alfian, sapaan akrabnya, yang juga Direktur Pijarnews.com merupakan wartawan senior yang telah mengeyam setumpuk pengalaman spartan di lapangan sebagai wartawan Metro TV.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com