Dengan segala prestasinya, AKBP Erwin Syah, S.I.K., menegaskan bahwa pendidikan adalah fondasi yang kuat untuk mencapai tujuan dan mengabdi dengan sepenuh hati pada masyarakat. Baginya, tak ada batas dalam belajar dan berkarya untuk kebaikan. Perjalanan kariernya adalah bukti nyata bahwa kegigihan, dedikasi, dan semangat yang tulus akan membawa seseorang menuju kesuksesan dan pengabdian yang tiada batas.

Karier awal AKBP Erwin Syah, S.I.K di Polri sangat menarik untuk diikuti. Sebelum mencapai kesuksesannya di Polri sebagai lulusan Akademi Kepolisian (Akpol), Erwin Syah sudah memiliki pengalaman sebagai anggota Polri setelah berhasil lolos seleksi pendidikan sekolah bintara.

Erwin Syah mengalami perjalanan yang beruntung dalam karirnya. Meski tengah sibuk sebagai anggota bintara Polri, nasib baiknya membawanya untuk meniti karir kepolisian di tingkat yang lebih tinggi setelah diterima di Akpol pada tahun 2004. Pangkat awal yang diemban oleh Erwin Syah setelah lulus dari Akpol adalah Inspektur Polisi Tingkat Satu (IPTU), kemudian naik menjadi Ajun Komisaris Polisi (AKP), lalu Kepala Komisaris Polisi (Kompol), dan saat ini menjabat dengan pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Perjalanan karirnya di kepolisian dimulai dengan menjabat sebagai Danton Dalam Satuan Dinas Pembinaan Masyarakat Direktorat Sabhara Polda Jawa Timur pada tahun 2005. Setelah itu, ia menduduki posisi sebagai Pamong Saka Kriminal Kepolisian Wilayah Besuki pada tahun 2006.

Tak berhenti di situ, Erwin Syah kemudian menjabat sebagai Kepala Unit Patroli Jalan Raya di Polres Jember pada tahun 2006, lalu sebagai Danton Taruna di Akademi Kepolisian pada tahun 2008, dan Danton Kie di Akademi Kepolisian pada tahun 2009. Setelah itu, ia menjabat sebagai Pama di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdiklat Polri pada tahun 2010 dan di Polda Jawa Barat pada tahun 2011.

Tugas berikutnya yang dipercayakan kepadanya adalah sebagai Kapolsek Klapa Nunggal di Polres Bogor, Polda Jawa Barat pada tahun 2011, lalu sebagai Kepala Satuan Lalu Lintas di Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat pada tahun yang sama. Pada tahun 2012, ia menduduki posisi sebagai Kepala Satuan Lalu Lintas di Polres Cirebon, Polda Jawa Barat.

Prestasi karir Erwin Syah terus menanjak, dan tak lama setelahnya, ia diangkat sebagai Kapolsek Bandung Kidul di Polrestabes Bandung, Polda Jawa Barat pada tahun 2015, lalu sebagai Kepala Subdirektorat Regident di Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat pada tahun 2016. Pada tahun 2019, Erwin Syah menjadi Wakapolres Sumedang di Polda Jawa Barat hingga kemudian dipindahkan sebagai Perwira Menengah (Pamen) di Polda Jawa Barat untuk mengikuti pendidikan di Seskimen pada tahun 2020. Setelah itu, ia menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Bagian Binmas Opsnal di Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan pada tahun 2020.

Setelah meniti perjalanan karir yang panjang dan sukses, pada tahun 2021, Erwin Syah diangkat sebagai Kepala Bagian Binmas Opsnal di Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan, kemudian sebagai Kepala Subdirektorat Regident di Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan. Pada tahun yang sama, ia juga menjabat sebagai Perwira Menengah (Pamen) di Polda Sulawesi Selatan.

Tidak berhenti di situ, prestasi karir Erwin Syah semakin menonjol dengan penunjukan sebagai Kepala Kepolisian Resort Sidrap di Polda Sulawesi Selatan pada tahun 2022.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com