Katasulsel.com, Sidrap – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 di Desa Kalempang, Kabupaten Sidrap, telah dimulai, Rabu, 20 September 2023.

Kegiatan-kegiatan, terutama proyek fisik yang ditargetkan dalam TMMD ini, sangat dinantikan oleh warga Desa Kalempang. Warga berharap, akan membawa perubahan signifikan dalam kehidupan mereka.

Beberapa kegiatan yang paling dinantikan oleh warga antara lain; Rehabilitasi/Pengerasan Jalan Poros Karebosi – Paraja Sepanjang 3.750 M.
Rehabilitasi dan pengerasan jalan poros Karebosi – Paraja sepanjang 3.750 meter ini adalah salah satu proyek utama yang akan memberikan dampak signifikan bagi masyarakat. Ini akan meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas warga serta membantu dalam pengembangan ekonomi lokal.

Kemudian, pembangunan 1 Unit Jembatan dan Rehabilitasi 3 Unit Jembatan. Untuk pembangunan jembatan baru dan rehabilitasi jembatan yang sudah ada tersebut, nantinya akan memperlancar arus transportasi dan aman bagi penduduk Desa Kalempang. Pembangunan infrastruktur itu, diharapkan dapat mengurangi kesulitan akses ke daerah sekitarnya.

Lainnya adalah Pembangunan dan Rehabilitasi 15 Unit Duiker: Proyek ini akan membantu dalam pengelolaan air dan melindungi lahan pertanian dari erosi. Langkah ini akan membantu meningkatkan hasil pertanian dan ketahanan pangan di desa.

Kegiatan lain yang diimpikan oleh warga yakni Perkuatan Talut Sungai. Untuk perkuatan talut sungai ini nantinya, diharapkan bisa membantu mencegah banjir dan erosi sungai, yang selama ini menjadi ancaman bagi masyarakat Desa Kalempang. Ini akan memberikan rasa aman lebih besar bagi warga.

Terakhir, kegiatan Pembangunan Jalan Produksi Kelompok Tani Sepanjang 1.730 M, dimana pembangunan jalan produksi ini akan mendukung usaha kelompok tani dalam mengelola lahan pertanian mereka. Hal ini akan membantu meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan masyarakat.

Seorang warga desa, Sumiati (45) mengaku sangat senang dengan rencana pembangunan jalan poros Karebosi – Paraja yang akan memudahkan akses ke pasar dan sekolah untuk anak-anak, “Ini adalah impian kami yang akhirnya sebentar lagi bakal menjadi kenyataan,” tuturnya

Harapan senada diutarakan warga Lainnya, Alimuddin, (50). Ia mengatakan, jembatan-jembatan yang akan direhabilitasi akan membantu warga dalam mengangkut hasil pertanian kami ke pasar dengan lebih mudah, “Kami sangat berterima kasih atas upaya TMMD ini,” akunya

Komandan Kodim 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro., SE., M.I.Pol, yang juga menjabat sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-118 Sidrap Tahun 2023, menjelaskan semua itu akan menjadi sasaran fisik TMMD ke-118 tahun 2023 oleh TNI.

Letkol Inf Andika Ari Prihantoro juga menyampaikan, TMMD ke-118 di Desa Kalempang, Kabupaten Sidrap itu, bukan hanya proyek fisik semata, namun juga ada banyak kegiatan non fisik yang direncanakan yang diharapkan dapat membawa harapan dan perubahan positif dalam kehidupan warga setempat. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com