Katasulsel.com, Sidrap – Kamis, 21 September 2023 – Kepolisian Resort (Polres) Sidrap, di bawah pimpinan Kapolres AKBP Erwin Syah, S.I.K, merespons cepat adanya dugaan manipulasi timbangan gabah oleh tengkulak di beberapa wilayah Kabupaten Sidrap. Kapolres memerintahkan jajaran Polsek Panca Lautang Polres Sidrap bersama tim dari Dinas Perdagangan Kabupaten Sidrap untuk turun langsung ke lokasi pembelian gabah petani di Desa Wanio, Kecamatan Panca Lantang, Kabupaten Sidrap.

Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan pengecekan terhadap proses jual beli gabah petani di lokasi tersebut. Alihu, Kepala Bidang Metrologi Dinas Perdagangan Kabupaten Sidrap, melakukan pemeriksaan langsung terhadap timbangan yang digunakan oleh pedagang.

Personil Polsek Panca Lautang Polres Sidrap, yang dipimpin oleh Ka SPK AIPTU Rusdi, juga melakukan wawancara dengan petani dan pedagang. Hasilnya, keduanya menyatakan bahwa tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Kapolsek Panca Lautang AKP Supiadi Ummareng menjelaskan bahwa pengurangan timbangan sudah dibicarakan sebelumnya oleh petani dan pedagang sebelum proses penimbangan gabah dimulai. Penyesuaian tersebut dimaksudkan untuk memudahkan perhitungan jumlah gabah sesuai dengan kesepakatan antara petani dan pedagang. Pedagang juga diingatkan untuk tidak mengubah timbangan tanpa kesepakatan dari petani.

Selama kegiatan ini, personil Polsek Panca Lautang memberikan himbauan kepada pedagang agar tidak melakukan manipulasi timbangan tanpa persetujuan dari petani. Seluruh kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif.

Tindakan respons cepat ini menunjukkan komitmen Polres Sidrap dalam menjaga ketertiban dan keadilan dalam proses jual beli gabah petani, serta memberikan rasa aman kepada masyarakat yang terlibat dalam perdagangan ini.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com