Katasulsel.com, Makassar — Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kejaksaan Republik Indonesia tahun 2023 tingkat Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan resmi dibuka. Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, membuka secara resmi acara ujian CPNS tersebut pada Jumat, 10 November 2023 pukul 08.00 Wita di Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar.

Dalam sambutannya, Kajati SulSel berpesan agar seluruh peserta ujian mengikuti seluruh tahapan kegiatan seleksi dengan tertib dan menjaga kondisi tetap aman sehingga proses berjalan dengan lancar. Ia juga memastikan bahwa seluruh panitia dan peserta ujian tidak melakukan kecurangan atau tindakan yang tidak terpuji.

“Kami berharap hasil seleksi CPNS tahun 2023 dapat melahirkan adyhaksa-adyhaksa muda tangguh, memiliki integritas, moralitas dan komitmen untuk kemajuan Kejaksaan RI menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Leonard.

Leonard mengungkapkan bahwa pengadaan CPNS Kejaksaan RI tahun 2023 pada tingkat Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Jumlah pelamar mencapai 10.222 orang, meningkat 300% dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 3.000 peserta.

Dari 10.222 orang pelamar, 8.382 orang dinyatakan lolos seleksi administrasi, termasuk 38 orang penyandang disabilitas. “Hal ini menunjukkan bahwa Kejaksaan RI di Sulawesi Selatan sebagai lembaga penegak hukum dipercaya oleh masyarakat,” ucap Leonard.

Pelaksanaan ujian CPNS Kejaksaan RI tahun 2023 tingkat Sulawesi Selatan dipantau langsung oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung mulai 10 hingga 16 November 2023.

Kajati SulSel memastikan bahwa pelaksanaan ujian tes CPNS tahun 2023 ini berjalan tanpa KKN. Ia juga menegaskan akan menindak tegas oknum yang menawarkan, mengurus, dan menjanjikan kelulusan. “Apabila ada pihak-pihak yang menawarkan, mengurus dan menjanjikan kelulusan agar tidak dipercaya,” tegas Leonard.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com