MAKASSAR — Duta Kabupaten Sidrap menorehkan prestasi gemilang dalam Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Se-Sulselbar yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Makassar pada 6-November untuk jenjang SMP dan 9-November untuk jenjang SD.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bersama Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada FTBI jenjang SMP, Salsabila Asyfa dari SMPN 1 Sidrap memukau para juri dan penonton sebagai Juara Mendongeng Putri. Di sisi lain, para duta dari SD di Kabupaten Sidrap juga berhasil memboyong beberapa penghargaan bergengsi. Disitu, ada Ahmad Rifqy Haris (UPT SDN 7 Baranti) yang sukses keluar sebagai juara 1 cerpen kategori putra, lalu Ahmad Hilmi Mansur (UPT SDN 1 Amparita), juga mengunci juara juara 1 Komedi Tunggal Putra, serta Nurul Ramadhani L (UPT SDN 3 Arawa) keluar sebagai juara 2 Cerpen Putri

Berikut prestasi gemilang para Duta Kabupaten Sidrap pada FTBI:

FTBI Jenjang SMP:

-Juara Mendongeng Putri: Salsabila Asyfa (SMPN 1 Sidrap)

FTBI Jenjang SD:

-Juara 1 Cerpen Putra: Ahmad Rifqy Haris (UPT SDN 7 Baranti)
-Juara 1 Komedi Tunggal Putra: Ahmad Hilmi Mansur (UPT SDN 1 Amparita)
-Juara 2 Cerpen Putri: Nurul Ramadhani L (UPT SDN 3 Arawa)

Kadis Dikbud Sidrap, Faizal Sehuddin, S.STP., N.Adm., turut menyampaikan kebanggaan atas prestasi para duta Kabupaten Sidrap.

“Prestasi ini menjadi bukti bahwa pendidikan di Kabupaten Sidrap tidak hanya mengutamakan akademis, tetapi juga pembentukan karakter dan kecintaan terhadap budaya dan bahasa daerah,” ujar Faizal Sehuddin, disela-sela kegiatan berlangsung.

Bukan cuma Kadis Dikbud yang merasa haru dan bangga atas raihan duta-duta daerah tersebut, namun juga Bupati Sidrap, Ir H Dollah Mando menyampaikan hal yang sama. Menurutnya, itu adalah prestasi yang membanggakan dan menjadi bukti nyata majunya mutu pendidikan di daerah yang dipimpinnya.

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan, sebagai penyelenggara FTBI, mengapresiasi semangat dan dedikasi para peserta, termasuk duta dari Kabupaten Sidrap. Ketua Panitia FTBI 2023, Amriani H, S.S., M.A., menyatakan bahwa acara ini adalah bentuk apresiasi kepada siswa yang semangatnya luar biasa dalam belajar bahasa daerah.

Dengan prestasi yang membanggakan ini, Duta Kabupaten Sidrap membuktikan bahwa mereka bukan hanya mencetak keunggulan dalam bidang akademis, tetapi juga mampu meraih prestasi di tingkat nasional dalam bidang bahasa dan budaya daerah. Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan, Dr. Ganjar Harimansyah, mengapresiasi kolaborasi dan sinergitas semua pihak yang telah mengawal program revitalisasi bahasa daerah hingga FTBI tingkat provinsi berhasil terlaksana dengan baik.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com