KATASULSEL.COM, SIDRAP — Babinsa Desa Compong Koramil 1420-05/Dua Pitue Serda M. Lubis bersama dengan anggota Poktan Tujuh Wali Wali 3 melaksanakan perawatan tanaman singkong/ubi kayu dilahan Ketahanan Pangan Kodim 1420/Sidrap Di Desa Bila Riase Kec. Pitu Riase Kab. Sidrap, Kamis (07/03/2024).

Singkong atau ubi kayu merupakan produksi hasil pertanian pangan ke dua terbesar setelah padi, sehingga singkong mempunyai potensi sebagai bahan baku yang penting bagi berbagai produk pangan dan industri. Singkong biasanya dijadikan olahan pangan karena kandungan kerbohidratnya yang tinggi, sedangkan daunnya biasa gunakan untuk bahan sayuran.

Ws. Danramil 1420-05/Dua Pitue Letda Inf Murjalil menyampaikan, Babinsa bersama dengan anggota Poktan Tujuh Wali Wali 3 merawat tanaman dilahan Hanpangan milik Kodim, “membersihkan tanaman dari rumput liar yang tumbuh diseputaran lahan yang dapat menggangu proses pertumbuhan tanaman singkong,” ucapnya.

Lanjut Danramil, Ubi kayu atau singkong merupakan salah satu tanaman pangan sumber karbohidrat selain jagung dan padi. Budidaya tanaman ubi kayu juga untuk mewujudkan ketahanan pangan dimasyarakat, untuk mendapatkan hasil atau produksi maksimal dalam penanaman singkong, harus diperhatikan dalam penyiapan lahan, pemilihan bibit yang baik, jarak tanam, penyiangan rumput serta pemupukkan tepat waktu.

Sementara itu, Serda Muh. Lubis yang dipercaya untuk mengerjakan lahan milik Kodim tersebut mengucapkan terima kasih kepada anggota Poktan Tujuh Wali Wali 3 yang selalu aktif membantu mulai dari penyiapan lahan, pengolahan sampai dan sampai perawatan tanaman selalu hadir mendampingi Babinsa.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com