Katasulsel.com, -Baznas Kab. Soppeng bekerjasama Polres Soppeng melaksanakan acara Pendistribusian Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) Sembako kepada kaum Dhuafa di Kecamatan Lalabata dan Kec. Ganra dalam rangka Sambut Idul Adha 1444 H/2023 M dan Hari jadi Bhayangkara ke 77 Tahun 2023, bertempat di Baruga Rujab Bupati Soppeng. Selasa, 27/06/2023.

Ketua Baznas Kab. Soppeng, K.M. Satturi, S.Pd.I, M.Pd., dalam sambutannya, Kegiatan yang dilakukan hari ini merupakan suatu program kami dari Baznas dimana tahun ini kami mengubah sistem penyaluran kepada mustahik di 2 Kecamatan dibandingkan tahun lalu 4 kecamatan. Adapun 2 kecamatan untuk tahun ini yaitu Kecamatan Lalababa (100 orang) dan Kecamatan Ganra (50 orang) jadi total penerima sebanyak 150 orang mustahik.

Penyaluran yang kami saluran adalah dana Zakat dan Infak Jamaah Haji sebesar Rp. 250.000 /orang. Untuk penyaluran kali ini kami berikan paket sembako yang bernilai Rp. 150.000 dan uang transportasi Rp.100.000 jadi total yang kami salurkan adalah Rp. 37.500.000. Sistem yang kami lakukan untuk memanggil mustahik yaitu dengan membuat kupon kemudian kami percayakan kepada para pengurus untuk membagikan dan melihat saudara kita yang betul-betul berhak menerima zakat dan infak ini.

Pada kesempatan ini saya sampaikan pula bahwa tahun ini Alhamdulillah pada tanggal 23-25 Mei kemarin, kami diaudit oleh tim dari Makassar dan informasi yang kami dapat bahwa kami mendapatkan predikat WTP dan Insya Allah akan dibuat acara khusus untuk penyerahan WTP dari Tim Audit Makassar.

Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya Atas nama pemerintah Daerah, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Baznas Soppeng yang luar biasa bekerja keras sehingga dapat mengumpulkan dana termasuk dana Haji yang alhamdulillah hari ini dibagikan, karena kita sebagai umat muslim tentu memahami kewajiban kita tapi terkadang lupa dan disinilah usaha pengurus baznas untuk mengingatkan kita. Dan atas kerja kerasnya itu, masyarakat sudah dapat merasakannya. Apalagi hari ini Baznas bekerjasama dengan jajaran Polres Soppeng dalam rangka memeriahkan hari jadi Bhayangkara ke- 77. Tak lupa saya menyampaikan apresiasi atas peran serta Kapolres dan jajaran yang bekerjasama dengan Kodim 1423 dalam kegiatan bedah rumah yang karyanya sudah banyak dirasakan oleh masyarakat.

Strategi penyaluran yang dilakukan oleh Baznas merupakan bagian dari usaha untuk meminimalisir dana yang ada agar dapat tepat sasaran kepada penerima yang berhak. Dan Pemerintah Daerah akan senantiasa konsisten dan mendukung semua program yang dilaksanakan oleh Baznas. Oleh karena itu, yakinlah bahwa apa yang dilakukan oleh kami semata-mata untuk meringankan beban masyarakat.

Kepada para penerima agar menerima dengan ikhlas apa yang disalurkan hari ini walaupun tidak memenuhi semua kebutuhan kita apalagi kondisi bangsa saat ini. Namun demikian di Soppeng kita dapat bersyukur karena masih memiliki kondisi ekonomi yang baik dibandingkan dengan daerah lain.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com