Katasulsel.com, Bulukumba – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba secara resmi merekrut ratusan informan dari desa-desa melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang dilengkapi dengan pengetahuan intelijen. Hal ini diumumkan dalam acara peluncuran dan sosialisasi inovasi PENDEKAR atau Tim Pendeteksi Ketenteraman dan Ketertiban di Pendopo Rujab Bupati Bulukumba pada hari Senin, 10 Juli 2023.

Acara ini juga dihadiri oleh dua pembicara, yaitu Kapolres Bulukumba AKBP Ardyansyah dan Pasi Intel Kodim 1411 Bulukumba Letda Inf Riswanda.

Kepala Kesbangpol Bulukumba, Ahmad Arfan, menyampaikan maksud dan tujuan dari peluncuran dan sosialisasi inovasi PENDEKAR ini, yaitu untuk membentuk tim pendeteksi ketenteraman dan ketertiban di desa-desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Bulukumba.

“Salah satu prinsip dasar bagi kita di pemerintahan adalah bahwa tidak ada satu pun hal kecil yang terjadi di wilayah kita yang tidak diketahui. Artinya, semua kegiatan yang terjadi di wilayah kita harus kita ketahui,” katanya.

Namun, menurut Arfan, pada kenyataannya saat ini, bukan hanya hal-hal kecil, bahkan hal-hal yang lebih besar seperti kematian sapi pun tidak diketahui. Mengapa ini terjadi? Menurutnya, hal itu disebabkan oleh keterbatasan informasi yang diperoleh.

“Terkadang, informasi tersebut muncul terlebih dahulu di media sosial baru kemudian kita mengetahuinya,” ujarnya.

Arfan menjelaskan bahwa berdasarkan alasan tersebut, Kesbangpol mendorong lahirnya inovasi ini. Dengan demikian, Kesbangpol ingin merekrut staf dari pemerintah desa/kelurahan sebagai informan.

“Jadi, informan-informan ini akan mencari informasi dan memberikan laporan kepada pemerintah di atasnya, termasuk Kepala Desa, Camat, dan Bupati,” katanya.

Acara sosialisasi ini diakhiri dengan penyematan pin secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Bulukumba, Muh Ali Saleng, kepada perwakilan tim pendeteksi. Sekretaris Daerah didampingi oleh Forkopimda dan Kepala Kesbangpol Bulukumba.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com