Katasulsel.com, Bulukumba, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab.Bulukumba menggelar kegiatan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair ( POC) di Kelompok Tani Cempae 3 Desa Bialo Kec. Gantarang, Selasa 18 Juli 2023.

Kegiatan ini dimaksudkan Agar para petani dapat mengenal bahan bahan yang di gunakan dan mengetahui cara membuat pupuk organik cair yang ramah lingkungan. Sekaligus kegiatan ini merupakan pelatihan tematik dana DAK non fisik yang dilaksanakan oleh BPP Gantarang yang ditempatkan di Desa Bialo.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bulukumba, Thayeb Maningkasi mengungkapkan bahwa melalui pelatihan tematik pembuatan pupuk organik cair di harapkan dapat memberikan nilai tambah pada setiap aplikasi terhadap produktivitas komoditi pertanian serta ramah terhadap lingkungan dan bermuara pada kesejahteraan dan kesehatan petani

” Saya harap kegiatan ini memberikan nilai tambah pada aplikasi produktifitas komoditi pertanian yang ramah lingkungan untuk kesejahteraan petani kedepan” Ungkap Thayeb, Selasa 18/7.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala UPT Penyuluh Pertanian, kelompok fungsional kabupaten, Kordinator BPP Kec. Gantarang serta para personil penyuluh Gantarang dan Para petani dari kelompok Tani Cempae 3 Bialo.

Husnul Khatimah,S.TP Koordinator BPP Gantarang dalam acara tersebut menyampaikan agar kegiatan ini terus berlanjut ke seluruh Desa yang ada di Kec. Gantarang

” Kami mengharapkan kegiatan ini berkelanjutan sehingga semua desa bisa melaksanakan pelatihan tematik seperti ini, Ujar Husnul

Selain itu, Lilik Sri Astuti pembicara dari Kelompok fungsional Kabupaten di hadapan para petani menambahkan untuk bahan bahan alternatif POC, Limbah ternak dan limbah pertanian juga tetap bisa digunakan setelah melalui fermentasi setelah 3 Minggu.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com