Katasulsel.com, Bulukumba -Perkemahan Ilmiah Remaja ( PIR) Regional Sulsel XV tahun 2023 mengambil lokasi penelitian di Kawasan Hutan Manggrove Luppung Desa Manyampa Kec. Ujungloe Kab. Bulukumba, Kamis 20 Juli 2023.

Penelitian yang di ikuti oleh puluhan pelajar dari berbagai daerah di Sulawesi selatan ini terbagi dalam beberapa kelompok guna mengamati secara langsung kawasan di hutan manggrove luppung.

Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara. Sumber informannya antara lain pengunjung, Pengurus Pokdarwis Mangrove Manyampa, Karang Taruna Desa Manyampa , warga sekitar Dusun Luppung, dan aparat desa serta Mahasiswa KKN Tematik Universitas Hasanuddin.

Kegiatan PIR Regional Sulsel ini terselenggara berkat kerjasama antara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan Pemkab Bulukumba melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bulukumba ini guna meningkatkan kesadaran lingkungan demi terciptanya pemuda unggul melalui konsep ecotourisem

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab. Bulukumba, Feryawan Fahmi Mengungkapkan bahwa Perkemahan Ilmiah remaja ini diharapkan mampu memunculkan gagasan dan ide kreatif dalam mengatasi permasalahan di lingkungan sekitar dengan metode ilmiah sehingga bisa menjadi bahan rujukan kedepan.

“Pemda berharap agar melalui kegiatan Perkemahan Ilmiah Remaja ini peserta dapat memunculkan ide kreatif sekaligus dapat berpikir kritis serata inovatif dalam mengatasi permasalahan di lingkungan sekitar, disamping itu memberikan pemahaman mendasar mengenai metodologi penelitian ilmiah”, Ungkap Ferryawan.

Kepala Desa Manyampa, Abbas Madda memberikan Ucapan selamat datang dan menyambut baik kunjungan siswa dari berbagai kabupaten tersebut.

“Menjadi kebahagiaan tersendiri dikunjungi oleh banyak siswa dari berbagai daerah, anak muda sebagai pemilik kekuatan terkhusus dalam berkarya. Kawasan Mangrove Luppung ini memang sudah cukup sering dikunjungi sebagai pilihan lokasi penelitian oleh mahasiswa, dan itu adalah salah satu cita-cita besar kami sejak diresmikannya kawasan ekowisata ini,” kata Abbas.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com