Katasulsel.com – Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan – Sebagai rangkaian dari Pekan Literasi Pangkep (PLP) 2023, rapat perdana temu volunteer pekan literasi di kabupaten Pangkep berhasil digelar pada hari Jumat, 29 September 2023. Kegiatan ini digagas oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangkep, bersama dengan Logos Institute, sebuah lembaga yang bergerak di bidang pengembangan sumber daya manusia.

Rapat perdana yang dilaksanakan di Cafe Logos Pangkep ini diikuti oleh sekitar 25 orang volunteer yang berasal dari berbagai kalangan, seperti pelajar, mahasiswa, guru, pegawai negeri, aktivis, dan masyarakat umum. Rapat ini bertujuan untuk mempersiapkan panitia pelaksana yang akan melaksanakan PLP 2023. Rapat ini juga membahas mengenai pembagian tugas, penjadwalan kegiatan, dan mengembangkan konsep kegiatan.

Salah satu narasumber dalam rapat ini adalah Bapak Suriadi, Ketua Panitia dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangkep. Beliau menyampaikan bahwa PLP 2023 merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan minat baca dan budaya literasi di masyarakat. Beliau juga mengapresiasi kerjasama dan partisipasi dari Logos Institute, dan para volunteer yang bersedia membantu mensukseskan acara ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada para volunteer yang telah bekerja sama dengan kami dalam menyelenggarakan PLP 2023. Kami berharap dengan adanya PLP 2023 ini, kita bisa bersama-sama mengembangkan budaya literasi di kabupaten Pangkep, khususnya di kalangan generasi muda. Karena literasi adalah kunci untuk mencerdaskan bangsa dan memajukan daerah,” ujar Bapak Suriadi

Narasumber lain yang hadir dalam rapat ini adalah Bapak Muh. Ramli Sirajuddin, Direktur Logos Institute. Bapak Muh. Ramli merupakan salah satu penggagas dan penggerak PLP 2023. Ia menjelaskan bahwa Logos Institute hadir sebagai mediator antara pemerintah Kab. Pangkep dengan OKP, ORMAS, dan komunitas di Pangkep.

“Karena pekan literasi ini akan melibatkan banyak pihak yang akan berkolabarasi sebagai pelaksana terutama dari organisasi kemahasiswaan, organisasi kepemudaan, dan organisasi kemasyarakatan, dan pemuda-pemuda kreatif di Pangkep, maka kami berinisiatif untuk menjadi mediator. Sebagaimana PLP 2022 lalu, yang diikuti oleh 49 organisasi dan komunitas” tutur Muh. Ramli.

Rapat perdana temu volunteer pekan literasi di kabupaten Pangkep tahun 2023 berlangsung dengan lancar dan penuh semangat. Para volunteer tampak antusias dan bersemangat untuk berkontribusi dalam kegiatan ini. Mereka juga saling berbagi pengalaman dan ide-ide kreatif untuk membuat PLP 2023 menjadi lebih menarik dan bermanfaat.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com