Katasulsel.com, Sidrap – Anggota Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-118 Kodim 1420/Sidrap telah berhasil merebut hati masyarakat Desa Kalempang, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap.

Kehadiran mereka bukan hanya sekadar membawa perubahan fisik melalui program TMMD, tetapi juga membangun ikatan emosional dengan warga, khususnya para siswa SD Inpres 3 Betao.

Pada Sabtu, 30 September 2023, atmosfer di Desa Kalempang sangat berbeda. Anggota Satgas TMMD Ke-118 Kodim 1420/Sidrap telah menjadi idola bagi masyarakat setempat. Mereka tidak hanya dilihat sebagai tentara yang bertugas, tetapi juga sebagai sahabat yang peduli dan dekat dengan kebutuhan masyarakat.

Tidak hanya warga dewasa, kehadiran para anggota Satgas TMMD juga menginspirasi generasi muda di desa tersebut. Para siswa SD Inpres 3 Betao dengan antusias mengambil bagian dalam kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh Satgas TMMD. Setiap waktu istirahat pelajaran, para siswa dengan semangat datang membantu Satgas TMMD dalam berbagai kegiatan pembangunan.

Menurut Dan Satgas TMMD, Letkol Inf Andika AP., SE., M.I.Pol, kehadiran para siswa membantu sangat berarti. “Mereka adalah energi segar bagi kami. Semangat mereka menular kepada kami dan membuat tugas pembangunan ini menjadi lebih menyenangkan,” ujar Andika, dengan senyum di wajahnya.

Pihak Sekolah SD Inpres 3 Betao, juga merasa bangga dengan partisipasi aktif para siswanya dalam kegiatan bersama Satgas TMMD. “Anak-anak kami belajar tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga di lapangan. Mereka belajar tentang kebersamaan, kerjasama, dan kepedulian kepada sesama melalui pengalaman nyata ini,” kata slah seorang guru

Kepala Desa Kalempang, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada anggota Satgas TMMD Ke-118 Kodim 1420/Sidrap. “Kehadiran mereka bukan hanya membawa pembangunan fisik, tetapi juga membentuk pola pikir positif dan semangat gotong royong di kalangan warga, terutama generasi muda,” ucapnya dengan penuh apresiasi.

Kisah inspiratif ini menggambarkan betapa kekuatan kemanunggalan antara TNI dan masyarakat serta bagaimana semangat gotong royong dapat membawa perubahan positif dalam pembangunan suatu desa. Para anggota Satgas TMMD Ke-118 Kodim 1420/Sidrap tidak hanya membantu membangun infrastruktur, tetapi juga merajut ikatan batin dengan masyarakat dan membentuk masa depan yang lebih cerah melalui pendidikan dan semangat gotong royong.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com