Sidrap — Sebuah momentum bersejarah berlangsung di Jl Sekolah, Kelurahan Empagae, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap, Rabu, 22 November 2023. Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah, SIK, MH, meresmikan secara langsung penggunaan bangunan Polsubsektor Watang Sidenreng, Pitu Riawa, dan Kulo di lokasi tersebut. Ini adalah sejarah dimana tiga Polsubsektor terbentuk di era kepemimpinan AKBP Erwin Syah SIK MH sebagai Kapolres Sidrap.

Dihadiri Tokoh Penting

Berbagai tokoh penting, hadir dalam acara tersebut, termasuk Bupati Sidrap yang diwakili oleh Staf Ahli A. Anis Dahlan, Ketua DPRD Sidrap, H Ruslan, SH, Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah, SIK, MH dan jajaran, Dandim 1420/Sidrap Letkol Inf Andika AP, SE, M.I.Pol dan jajaran, perwakilan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidrap, dan sejumlah tokoh adat an tokoh masyarakat wilayah setempat.

Rangkaian Acara yang Meriah

Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan doa oleh Kepala KUA Wattang Sidenreng, disusul penayangan video pendek tentang kegiatan kepolisian oleh Kapolres Sidrap. Sambutan-sambutan kemudian diberikan oleh berbagai pihak, termasuk Bapak Kapolres Sidrap yang memberikan apresiasi kepada instansi terkait dan tokoh masyarakat yang turut berkontribusi dalam pembangunan Polsubsektor ini.

Apresiasi dan Penghargaan Kapolres Sidrap

Dalam sambutannya, Kapolres Sidrap mengucapkan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan Polsubsektor ini. Perwira polisi dengan tanda pangkat dua melati di pundaknya itu menyampaikan terima kasih atas partisipasi instansi terkait, tokoh masyarakat Wa Paleppang, dan masyarakat desa Pitu Riawa, dalam hal ini Wa’ Tapu yang memberikan hibah tanah dan bangunan untuk kepentingan kepolisian.

Kapolres juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Bupati Sidrap Ir H Dollah Mando yang memberikan hibah tanah dan bangunan untuk tiga Polsubsektor di Kabupaten Sidrap, menjadikan 11 kecamatan di Kabupaten Sidrap memiliki kantor Polsubsektor. Kapolres menyebutkan bahwa Polsubsektor Watang Sidenreng, Pitu Riawa, dan Kulo adalah tindak lanjut dari permohonan yang diajukan di tingkat Mabes Polri dan Polda Sulsel.

Kapolres dalam sambutannya, menyampaikan, tujuan dari dihadirkannya tiga Polsubsektor di Sidrap tersebut, tidak lain, untuk meningkatkan keamanan lokal dengan tujuan utama untuk meningkatkan tingkat keamanan di wilayah setempat. Dengan adanya pos polisi ini, paparnya, diharapkan dapat lebih efektif melakukan pengawasan, pencegahan, dan penindakan terhadap tindak kejahatan di tingkat kecamatan atau desa.

Dalam hal peningkatan pelayanan masyarakat, sambungnya, Polsubsektor juga diinisiasi untuk memberikan pelayanan kepolisian yang lebih dekat dengan masyarakat. Dengan keberadaan Polsubsektor, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengakses bantuan atau informasi terkait keamanan dan ketertiban.

Dengan halnya, dengan hadirnya Polsubsektor, maka akan ada respons cepat terhadap kejadian darurat. Dengan pos polisi yang lebih terdekat, diharapkan respon terhadap kejadian darurat atau situasi kritis dapat lebih cepat dan efisien. Hal ini memungkinkan polisi di Polsubsektor untuk merespon langsung terhadap kejadian yang memerlukan tindakan segera.

Polsubsektor itu, sebut Kapolres lagi, tidak hanya sebagai lembaga penegak hukum tetapi juga sebagai mitra masyarakat. Dengan mendekatkan pelayanan kepolisian ke tingkat kecamatan atau desa, diharapkan terjadi pemberdayaan masyarakat untuk lebih aktif dalam menjaga keamanan wilayahnya.

Dengan pembentukan Polsubsektor, diharapkan optimalisasi penggunaan sumber daya kepolisian, termasuk personel dan sarana prasarana. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dalam penanganan masalah keamanan di tingkat lokal.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com