Katasulsel.com, Parepare — Malam pergantian tahun nampaknya akan terasa berbeda di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, tahun ini. Diperkirakan bahwa warga Sidrap dan Pinrang akan dulunya kerap menyerbu Parepare setiap malam pergantian tahun, kini diperkiarakan tidak terjadi lagi menyambut tahun 2024 nanti. Mereka lebih diperkirkan memilih merayakan momen tersebut di daerah masing-masing.

Jika demikian, dapat diasumsikan bahwa Kota Parepare nanti diprediksi sepi dari keramaian seperti tahun-tahun sebelumnya.

Seiring berjalannya waktu, Sidrap dan Pinrang mengalami kemajuan yang pesat, tidak terkeculi di sektor hiburan. Itu belum lagi apabila pemerintah daerah kedua daerah bertetangga itu turut menyediakan fasilits hiburan menyambut malam tahun baru bagi warganya. 

Masyarakat Sidrap dan Pinrang nampaknya semakin betah menikmati momen berharga tersebut di kampung halaman mereka sendiri. Perkembangan pesat di daerah ini menjadi faktor utama perubahan ini, di mana ketersediaan hiburan malam tahun baru sudah semakin merata dan memadai.

Seorang warga Sidrap, Ahmad, menyatakan, dulu memang kebiasaan warga Sidrap merayakan malam tahun baru di Kota Parepare. ,” Itu dulu, namun, sekarang Sidrap juga sudah punya banyak tempat yang seru untuk dikunjungi. Jadi, lebih nyaman dan dekat dari pada harus ke Parepare,” ujarnya, Rabu, 27 Desember 2023.

Hal serupa juga dapat dirasakan oleh warga Pinrang. Meskipun sebelumnya kebiasaan merayakan malam tahun baru di Parepare cukup populer di kalangan mereka, namun kini banyak yang lebih memilih menikmati malam pergantian tahun di daerahnya sendiri. 

Pinrang saat ini juga diklaim mengalami perkembangan pesat dalam ketersediaan hiburan, menjadi destinasi menarik bagi warganya.

Pihak Pemerintah Kota Parepare mengaku tidak terpengaruh dengan kemungkinan tersebut, bahkan Pemkot Parepare menyupport dan memahami perubahan itu sebagai dampak positif dari perkembangan daerah sekitar. 

Meski demikian, kemungkinan besar Parepare tetap menyediakan berbagai acara dan hiburan untuk malam tahun baru, namun kami juga mendukung jika masyarakat lebih memilih merayakan di daerahnya sendiri.

Meskipun Kota Parepare diprediksi akan sepi dari keramaian warga Sidrap dan Pinrang pada malam pergantian tahun, namun hal ini juga menunjukkan perkembangan positif di daerah sekitar yang semakin mampu menyediakan hiburan dan merayakan momen spesial tanpa harus berpindah ke kota besar.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com