Katasulsel.com, Jakarta — Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto telah melakukan rotasi dan mutasi pada sejumlah jabatan strategis dalam lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Keputusan ini diambil berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/329/III/2024 tanggal 22 Maret 2024.

Dalam keterangan tertulis yang disampaikan oleh Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar di Jakarta, Sabtu (23/3/2024), dijelaskan bahwa mutasi dan promosi jabatan ini melibatkan 52 Perwira Tinggi (Pati) TNI. Dari jumlah tersebut, 40 di antaranya berasal dari Pati TNI Angkatan Darat (AD), 10 dari Pati TNI Angkatan Laut (AL), dan 2 dari Pati TNI Angkatan Udara (AU).

Dalam rotasi dan mutasi ini, terdapat beberapa perubahan penting. Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Sp.THT-KL., MARS. yang sebelumnya menjabat sebagai Ka RSPAD Gatot Soebroto, kini menjadi Staf Khusus Kasad. Sementara itu, Letjen TNI Rudianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kabais TNI, kini menjadi Danjen Akademi TNI.

Selain itu, terdapat juga perubahan jabatan pada 10 Pati TNI AL. Letjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr.(Han). yang sebelumnya menjabat sebagai Irjen TNI, kini menjadi Pati Mabes TNI AL. Sementara itu, Laksdya TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., M.Tr.Opsla. yang sebelumnya menjabat sebagai Danjen Akademi TNI, kini menjadi Irjen TNI.

Dua Pati TNI AU juga mengalami perubahan jabatan. Marsda TNI Dr. dr. Ferdik Sukma Wahyudin, Sp.S., M.Kes. yang sebelumnya menjabat sebagai Warek Bid. Kemahasiswaan dan Alumni Unhan, kini menjadi Dosen Tetap Unhan. Sementara itu, Marsma TNI Yuwono Agung Nugroho, S.H., M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Turdang Setjen Kemhan, kini menjadi Dirjen Badilmiltun Mahkamah Agung.

Rotasi dan mutasi ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dan peningkatan kinerja bagi TNI.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com