Katasulsel.com, Jakarta — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengumumkan kebutuhan formasi untuk seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, dengan total 15.462 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 25.079 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menegaskan bahwa formasi ini merupakan bagian dari upaya penuntasan tenaga non ASN/honorer di seluruh unit kerja Kemendikbudristek dan pemenuhan kebutuhan SDM di lingkungan perguruan tinggi, termasuk para dosen.

“Formasi untuk dosen diharapkan bisa optimal. Kami sudah berdiskusi dengan Pak Nadiem Makarim, termasuk memberi saran soal beberapa teknis seleksi agar bisa menyerap jumlah formasi dosen secara optimal,” ujar Anas.

Selain itu, formasi juga ditujukan untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Arah kebijakan pengadaan CASN tahun 2024 adalah fokus pada pelayanan dasar, yaitu guru dan tenaga kesehatan, serta merekrut talenta-talenta baru melalui seleksi CPNS.

Menteri Dikbudristek Nadiem Anwar Makarim menambahkan, kebutuhan formasi dosen dan tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan Kemendikbudristek sangat mendesak. “Kebutuhan memang sudah cukup darurat ya kebutuhan kita untuk formasi dosen. Ini akan sangat membantu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi kita dan juga meningkatkan kualitas kinerja kementerian kita juga,” pungkasnya.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com