Katasulsel.com, Sidrap – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Sidrap, sukses menyelenggarkan pelatihan jurnalistik modern, di VIP Room Lt.2 Hotel Grand Sidny Pangkajene, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Pelatihan jurnalistik modern yang bertemakan “Mewujudkan Jurnalis Cerdas, Kritis dan Berkarakter” tersebut, berlangsung selama satu hari dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidrap, H. Bachtiar.

Kegiatan itu, turut dihadiri Ketua DPC HIPMI Sidrap, Heriyani Yuki Ruby, Ketua Karang Taruna Sidrap, Muhammad Yusuf DM dan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sidrap, A.M Yusuf Ruby dan Sekretaris DPC HIPMI Sidrap, Muhammad Nasir Nawawi

Melengkapi acara itu, panitia pelaksana menghadirkan tiga orang narasumber, masing-masing Edy Basri (Wartawan Utama), H Purmadi Muin (Wartawan Madya) dan Perwakilan dari Polres Sidrap, IPDA Ibrahim. Adapun yang bertindak selaku moderator adalah Irham

Saat memberikan opening speech, Kadis Kominfo Sidrap, H Bachtiar menyampaikan apresiasi kepada HIPMI Sidrap yang dianggapnya telah berkontribusi nyata melaksanakan kegiatan positif tanpa harus menggantungkan pembiayaannya dari pemerintah.

Di acara itu, Bachtiar juga mengajak jurnalis untuk berpikir holistik atau menyeluruh dalam membuat berita.

“Mari ke depannya kita berpikir holistik, kita jangan langsung percaya dengan satu sumber berita, melainkan kita bisa turun ke lapangan melakukan observasi,” pinta Bachtiar.

Bachtiar berpesan, setelah pelatihan jurnalistik modern tersebut, ke depan ada pola pikir yang holistik yang artinya menyeluruh dalam membuat suatu berita.

Sementata itu, Ketua BPC HIPMI Sidrap, Heriyani Yuki Ruby mengatakan, pelatihan jurnalistik modern yang dilaksanakan itu, bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa, salah satunya melalui pelatihan itu

“Pelatihan jurnalistik dengan tema di atas, tentunya tidak lepas dari yang namanya zaman ‘now’, zaman digital di mana informasi saat ini serba cepat,” sebutnya.

Di akhir sambutannya, Heriyani Yuki Rubi meminjam satu kutipan. “Jika seseorang mengatakan hujan dan yang lain mengatakan musim kemarau bukan tugas anda mengutip keduanya. Tugas anda melihat keluar jendela mencari tahu mana yang benar.”

“Artinya kita tidak boleh langsung mempercayai berita yang beredar, melainkan kita harus lebih cerdas dan jeli memilah berita yang berkualitas, itulah mungkin harapan dan tujuan pelatihan ini dilaksanakan,” paparnya.

Peserta Keciprat Hadiah

Di penghujung acara, dilaksanakan pelatihan menulis berita sesuai standar jurnalistik.

Seluruh peserta diberikan kesempatan untuk membuat berita dengan tema menyambut hari ulang tahun Kedai Ruby yang ke-9 tahun.

Adapun di sesi penutup kegiatan ini, Ketua DPC HIPMI Sidrap, Heriyani Yuki Rubi menyiapkan hadiah dan uang tunai kepada pemenang, masing-masing dari kategori pria dan wanita, serta juara favorit.

Hasilnya, peserta kategori pria atas nama Mustamin Taba dinyatakan keluar sebagai peserta terbaik, kemudian Wawu Makkawaru dan Wahyuni Hamka sebagai peserta terbaik kategori wanita, sedangkan Etar dinobatkan peraih peserta favorit

Para juara selanjutnya mendapatkan gift mini gold, pulsa dan uang pembinaan dari HIPMI Sidrap, hadiah diserahkan langsung oleh Ketua DPC HIPMI Sidrap, Heriyani Yuki Ruby

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com