Katasulselcom Makassar — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan (Sulsel) baru saja mengumumkan hasil penilaian kinerja dan eksaminasi umum tingkat kejaksaan negeri tipe A dan B serta cabang kejaksaan lingkup Kejati Sulsel Tahun 2022.

Adapun hasilnya, Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidenreng Rappang (Sidrap) dinobatkan sebagai kejaksaan negeri berkinerja terbaik untuk tipe B, sedangkan Kejari Parepare meraih predikat yang sama untuk kategori tipe A.

Hal itu diutarakan Kepala Seksi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Sulsel, Soetarmi., S.H., M.H di Kantornya, Kamis, 8 Desember 2022.

Dalam penilaian itu, Kejari Sidrap sebenarnya memperoleh dua predikat. Selain kejaksaan berkinerja terbaik untuk tipe B, Sidrap juga dinilai sebagai kejaksaan terbaik pada kategori penilaian eksaminasi umum.

Menurut Soetarmi, pengumuman hasil penilaian tersebut, berlangsung di Aula Lantai 8 Kantor Kejati Sulsel bertepatan pada penutupan kegiatan Rakerda 2022 yang ditutup langsung oleh Kajati Sulsel, R. Febrytrianto Kamis, 8 Desember 2022.

Dikatakannya, Kejari Takalar dan Kejari Soppeng, juga memperoleh predikat masing-masing kinerja kejaksaan tipe B terbaik kedua dan ketiga di Sulsel

Sedangkan untuk kejaksaan tipe A terbaik kedua setelah Parepare, diraih oleh Kejari Gowa dan Kejari Makassar.

Sementara untuk penilaian kinerja terbaik kategori cabang kejaksaan negeri (Cabjari), maing-masing diraih oleh Cabang Kejari Tana Toraja (Rantepao), menyusul Cabang Kejari Makassar (Pelabuhan) dan Cabang Kejari Luwu Timur (Wotu).

Sebelumnya, kata dia, dilakukan pemaparan masing-masing pimpinan satuan kerja, pembahasan dan diskusi materi paparan oleh kelompok kerja, dan pemaparan hasil rapat kelompok kerja oleh tim perumus dan rapat paripurna, telah memutuskan beberapa hal sebagai rekomendasi hasil rapat kerja daerah kejaksaan tinggi Sulawesi selatan tahun 2022.

Kajati selanjutnya meminta agar segala rekomendasi yang diputuskan dalam rakerda ini dapat menjadi acuan dan petunjuk (guideline) secara komprehensif untuk meningkatkan kualitas, performa, dan kapabilitas institusi kejaksaan di wilayah kejaksaan tinggi Sulawesi selatan untuk melakukan pembenahan mulai dari individu hingga yang bersifat holistic mengarah kepada pengembangan organisasi demi terwujudnya kejaksaan yang profesional, modern dan humanis.

Lebih lanjut, disampaikan oleh Soetarmi, Kajati juga berpesan agar capaian kinerja laporan tahunan sehingga dapat menjadi salah satu yang terbaik ditingkat nasional dan kita juga berharap daftar kebutuhan rill kejaksaan tinggi Sulawesi selatan 2024 dapat di okomodir oleh pemerintah pusat.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com