Katasulsel.com, Bulukumba – Personil Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba melakukan uji coba dan demonstrasi penggunaan mesin Vacum Frying di Desa Karama Kecamatan Rilau Ale. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah tersebut, dengan fokus pada usaha Keripik Pisang Darna yang dikelola oleh Rahmat Junaedi. Acara ini berlangsung pada hari Rabu, tanggal 5 Juli 2023.

Mesin Vacum Frying yang digunakan dalam demonstrasi ini merupakan milik BPP Rilau Ale dan didapatkan melalui program Yess Kementerian Pertanian RI tahun 2023. Program ini bertujuan untuk membina petani milenial agar dapat mengembangkan usaha di sektor pertanian dan menjadi wirausaha milenial yang tangguh dan berkualitas. Program ini khusus ditujukan untuk pemuda dan masyarakat di wilayah pedesaan, dengan tujuan untuk mengembangkan perekonomian melalui kewirausahaan dan menciptakan peluang kerja.

Vacum Frying adalah sebuah mesin yang digunakan untuk menggoreng buah-buahan atau sayuran sehingga menghasilkan kripik buah dan kripik sayur. Metode yang digunakan dalam proses ini adalah metode vakum atau sedot. Mesin Vacum Frying sangat mudah dioperasikan dan perawatannya juga tidak rumit. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, tidak mengherankan jika banyak pengusaha makanan ringan beralih menggunakan mesin serbaguna ini.

Koordinator BPP Rilau, Cahrir, SP, mengungkapkan bahwa mesin Vacum Frying akan diberikan kepada Rahmat Junaedi, pelaku usaha Keripik Pisang Darna, dengan status pinjam pakai guna mendukung kelancaran dan pengembangan usahanya.

“Dengan adanya mesin ini, kami berharap wirausaha perdesaan semakin berkembang dengan beralih dari peralatan tradisional menjadi peralatan modern. Diharapkan usaha ini memiliki daya saing dan diminati oleh konsumen atas produk yang dihasilkannya,” ujar Cahrir, SP, pada Rabu, 5 Juli 2023.

Dengan adanya inisiatif seperti ini, diharapkan usaha mikro di Bulukumba, khususnya dalam produksi keripik pisang, dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com