Katasulsel.com – Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE menghadiri agenda Pertemuan dalam rangka mengantisipasi Cuaca ekstrem (El Nino) di wilayah Kabupaten Soppeng, bertempat di Hark Cafe & Eatery Malaka. Kamis, 24 Agustus 2023.

Sambutan Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE menyampaikan Dalam rangka menindaklanjuti arahan bapak Gubernur SulSel bahwa terkait dampak cuaca ekstrim (El Nino) dimana sudah ada beberapa daerah yang mengalami dampak tersebut termasuk kabupaten soppeng, olehnya itu kami meminta kepada rekan-rekan sekalian untuk mempersiapkan diri untuk mengantisipasi hal tersebut yang secara langsung berdampak kepada masyarakat dan untuk itu diperlukan sinergitas bersama dengan semua pihak termasuk jajaran forkopimda serta membentuk posko yang diberi nama posko siaga bencana Yassisoppengi.

Adapun dampak yang bisa diakibatkan cuaca ekstrem ini adalah pada sektor ekonomi (pertanian) khususnya ketersediaan air yang mungkin mengakibatkan Gagal panen, Harga bahan pokok (Bahan Pangan) naik , ketersediaan air bersih dan ancaman gangguan kantibmas. Jadi saya berharap ini menjadi perhatian utama kita.

Hasil panen jangan dilepas semua dalam artian jangan dijual semua, agar stok pangan di rumah tangga selalu ada. Begitupun ditingkat desa/kelurahan dan kecamatan agar senantiasa memantau wilayah masing2 serta berkoordinasi dengan unsur keamanan (Babinsa dan babinkantibmas) serta mempergunakan seluruh potensi yang ada di desa/Kel, serta penggunaan Dana Desa dapat menjadi upaya dalam mengantisipasi bencana ektrem tersebut .

Arahan Ketua DPRD, H.Syahruddin M.Adam, S.Sos., MM. Dampak dari Elnino berdampak pada pendapatan daerah, dilain sisi ada program yang telah disusun oleh SKPD. Dan untuk itu Dalam menyusun anggaran terkait antisipasi pencegahan dampak cuaca ekstrim harus dikuatkan melalui regulasi atau aturan.

Arahan Kapolres Soppeng, AKBP DR (C) H. Muhammad Yusuf Usman SH.,SIK.,MT. :
Mengantisipasi dari dampak dari cuaca extrem Elnino yang perlu kita antisipasi juga yaitu kebakaran hutan, dan melalui posko bersama kita harus melakukan mitigasi bencana dan melakukan upaya untuk menyiapkan ketersediaan air Dalam penanganannya serta agar melibatkan pencinta alam. Selain itu untuk mengantisipasi gangguan kantibmas agar Poskamling lebih ditingkatkan serta melakukan patroli bersama diwilayah potensi daerah yang rawan.

Dandim 1423/Soppeng, Letkol Inf Sigit Suhendro Hadi Kusmawan, S.T., M. Tr (Han):
Kita harus terjun kelapangan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dampak cuaca extrem Elnino ini.

Mewakili Kajari, Yusufi Fitrohansyah, S.H. Kepala Subseksi Penyidikan. Dampak cuaca extrem elnino harus ada peran aktif kita semua untuk mengantisipasi masalah di masyarakat, dan kami siap mendukung program pemerintah dalam mengantisipasi dampak bencana El Nino.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com