Katasulsel.com, Makassar – Menghadapi tantangan cuaca terkini akibat fenomena El Nino, PLTB Sidrap dengan bangga mengumumkan kinerja konsisten dari PLTB Sidrap 75MW kami. Pembangkit listrik tenaga angin kami terus menghasilkan sejumlah besar energi bersih dan berkelanjutan, sehingga berkontribusi positif terhadap ketahanan kinerja Jaringan Kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel). Di bulan Agustus 2022, Jaringan Kelistrikan Sulbagsel memiliki kapasitas terpasang sebesar 1.660,3 MW, dimana sekitar 147 MW berasal dari PLTB (kurang dari 10% kapasitas terpasang total jaringan kelistrikan). 

Indonesia, seperti banyak negara lain, sedang bergulat menghadapi dampak El Nino yang luas, fenomena sistem cuaca global. Fenomena cuaca ini telah menyebabkan periode kekeringan yang berkepanjangan yang pada gilirannya, telah mempengaruhi pembangkit listrik di jaringan kelistrikan wilayah tersebut yang terutama berdampak pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), sedangkan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) mendapatkan manfaat melalui kondisi angin yang kencang dan konsisten. 

Jaringan listrik di Sulawesi Selatan memang telah menghadapi gangguan berselang melalui pemadaman listrik bergilir, yang menjadi perhatian bersama, sehingga menjadi sangat penting untuk mengatasi tantangan yang muncul dalam menjaga keseimbangan jaringan kelistrikan ini. 

PLTB beroperasi berdasarkan ketersediaan sumber daya angin. Ketersediaan sumber daya yang solid untuk memproduksi listrik sesuai atau bahkan melebihi ramalan, telah secara konsisten memasok daya ke jaringan Sulbagsel selama periode ini. 

Berbeda dengan berbagai laporan dan berita akhir- akhir ini, PLTB Sidrap terus beroperasi dengan sangat baik, menghasilkan listrik dengan efisien. Catatan kami menunjukkan output dan performa yang konsisten yang selaras dengan kemampuan pembangkitan listrik yang kami proyeksikan serta permintaan PLN. 

Dalam enam bulan terakhir, PLTB Sidrap telah berhasil mencapai produktivitas tinggi, dengan sumber daya angin musiman yang lebih tinggi dari biasanya, dengan Produksi Listrik Bersih secara konsisten melampaui target dan perlahan-lahan kembali ke produksi pada tahun 2022 yang ketersediaan anginnya kurang baik. Kemampuan kami dalam menghasilkan lebih banyak energi listrik menunjukkan ketahanan dan komitmen kami terhadap produksi listrik yang efisien. 

Turbin angin kami telah mempertahankan Ketersediaan Turbin yang luar biasa lebih dari 95%. Pencapaian ini mencerminkan dedikasi kami terhadap ketersediaan angin yang stabil, kinerja tinggi, pemeliharaan yang efisien, dan waktu henti yang berkurang. 

Selama periode El Nino yang menantang ini, PLTB Sidrap telah memainkan peran penting dalam menjaga dan memastikan ketersediaan pasokan listrik yang handal ke Jaringan Kelistrikan Sulbagsel. 

PLTB Sidrap tetap berdedikasi untuk memberikan solusi energi bersih dan berkelanjutan kepada masyarakat yang kami layani. Kami berkomitmen untuk mengatasi tantangan, meningkatkan operasi kami, dan berkontribusi pada masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com