Katasulsel.com, Muna — Ketidakamanan yang kian meningkat di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara, datang berulang kali. Kali ini, tiga unit kios yang berada di Pasar Laino, Kelurahan Laiworu, Kecamatan Batalaiworu, menjadi korban peristiwa kebakaran pada Kamis (28/03/2024) malam hari, tepatnya sekitar pukul 22.30 Wita.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Muna, Tajuddin membenarkan bahwa dua unit kios sembako dan satu unit kios pakaian ludes terbakar. Petugas Damkar langsung menuju lokasi dengan menurunkan dua unit mobil Damkar untuk memadamkan api. Namun, kebakaran tersebut telah menghanguskan tiga kios, dengan kerugian ditaksir mencapai Rp50 juta rupiah.

Dalam wawancaranya, Tajuddin belum dapat memastikan penyebab kebakaran dengan pasti. Namun, dari hasil investigasi, diduga api berasal dari korsleting listrik. Menurutnya, kejadian tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa infrastruktur listrik di Kabupaten Muna belum sepenuhnya memadai.

Pihak kepolisian telah menyelidiki peristiwa ini sebagai tindak pidana yang merugikan sejumlah pedagang di pasar tersebut. Belum diketahui pasti motif yang melatarbelakangi kejadian ini. Namun, warga setempat berharap para pihak dapat menemukan sosok pelaku dengan cepat dan menuntaskan kasus ini agar tidak merisaukan keamanan para pedagang dan masyarakat.

Peristiwa kebakaran ini tidak hanya menjadi tanda keamanan yang memprihatinkan di Kabupaten Muna, tetapi juga menjadi pengingat bagi kita untuk selalu berhati-hati terhadap faktor penyebab kebakaran. Terlebih, saat ini masih banyak kejadian serupa di beberapa wilayah Indonesia yang kerugian tidak hanya terjadi secara materiil, tetapi juga dapat memakan korban jiwa. Semoga kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa yang akan datang. (*)

Ikuti saluran Katasulsel.com di WhatsApp dengan cara klik disini dan ikuti !

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com