Katasulsel.com, Makassar — Menjadi seorang mahasiswa berarti harus siap merangkai kata menjadi sebuah karya tulis ilmiah. Namun, ternyata tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan dan pengalaman yang sama dalam menulis. Tidak perlu khawatir, karena Jurusan Ilmu Komunikasi FDK UIN Alauddin Makassar telah mengadakan Workshop PKTI atau Pelatihan Karya Tulis Ilmiah untuk membantu meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa.

Pada 29 Maret 2024, Workshop PKTI diadakan di LT Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar. Acara ini dirangkaikan dengan buka bersama untuk menjalin tali silaturahmi antara civitas akademika FDK. Workshop ini diikuti oleh mahasiswa dari Jurusan Ilmu Komunikasi dan dibuka langsung oleh Prof. Rasyid Masri sebagai Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Acara ini berisi penyampaian materi dan simulasi penggunaan KTI terbaru yang telah di-hakI-kan berbasis Mendeley oleh salah satu penulis PKTI terbaru, yaitu Subehan Khalik. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memudahkan mahasiswa menyelesaikan pengerjaan tugas kuliah, terutama tugas akhir mereka. Selain itu, pelatihan juga diharapkan dapat mengantisipasi perdebatan antara dosen pembimbing dan mahasiswa terkait penulisan, seperti spasi, tanda titik, dan hal-hal lainnya.

Menurut Subhan Khalik, keberadaan PKTI terbaru sangat penting karena memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir dan menulis karya tulis ilmiah secara umum. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mempererat tali silaturahmi sesama mahasiswa dan memotivasi mereka untuk menulis lebih banyak karya tulis ilmiah.

Diharapkan, dengan adanya acara seperti Workshop PKTI ini, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan menulis mereka dan lebih termotivasi untuk menulis karya tulis ilmiah yang bermanfaat bagi mereka dan juga masyarakat. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus diadakan dan semakin banyak mahasiswa yang menjadi penulis yang handal dan produktif.(*) 

Penulis: Arini, Makassar

Mahasiswi UINAM, Jurusan Ilmu Komunikasi

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com