Bulog Soppeng Bantu 18.603 Kepala Keluarga

Katasulsel.com, Soppeng — Kantor Cabang Bulog Kabupaten Soppeng menyalurkan bantuan pangan berupa beras

Sedikitnya 18.603 Kepala Keluarga (KK) mendapatkan bantuan pangan berupa beras tersebut dari Kantor Cabang Bulog Kabupaten Soppeng

Adapun kegiatan penyaluran bantun itu, berlangsung di Halaman Kantor Bulog Kabupaten Soppeng, Selasa, 18 April 2023

Kepala Cabang Bulog Soppeng, Faisal menyampaikan, penyaluran bantuan tersebut merupakan instruksi presiden melalui badan pangan nasional (Bapanas)

Secara nasional, sebutnya, ada 21 juta keluarga penerima manfaat. Namun khusus di Kabupaten Soppeng sebanyak 18.603 keluarga penerima bantuan pangan.

“Jika dihitung-hitung, total yang akan kami salurkan dari uang itu sebesar 186 ton per bulan,” ujar Faisal

Pada kesempatan itu, Faisal juga menyampaikan bahwa stok yang dalam penguasaannya saat ini berkisar 400 ton beras.

Menurutnya, stok yang ada tersebut dapat bertahan hingga 2 bulan ke depan.

“Tapi, penyerapan pengadaan masih berjalan dan mudah mudahan dengan bantuan pemerintah Kabupaten Soppeng, ke depan kami akan mengoptimalkan penyerapan pengadaan di sisa akhir panen di tempat yang survey,” katanya

Selanjutnya, Stok minyak goreng saat ini, ada sebanyak 12.000 liter, Gula 20 ton, “Selama ini kami aktif ikut pasar murah yang diadakan oleh pemerintah pusat,” akunya

Wakil Bupati Soppeng, Lutfi Halide menyampaikan, pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi karena merupakan sumber energy untuk mempertahankan hidup.

Akses untuk memperoleh pangan merupakan merupakan hak asasi manusia.

Oleh karena itu Pemerintah perlu memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah.

Tujuannya agar rumah tangga/keluarga selalu memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang Ideal bagi kebutuhan dan kesehatannya.

Salah satu untuk meningkatkan akses pangan bagi masyarakat adalah melalui pemberian bantuan pangan yang bersumber dari cadangan pangan pemerintah.

Sasaran penerima Bantuan Pangan untuk pemberian Bantuan Pangan ditetapkan oleh Kepala Badan Pangan Nasional Republik Indonesia Berdasarkan Sumber Data dan/atau Hasil Keputusan Rapat koordinasi Tingkat Menteri/Kepala Lembaga.

Jumlah Penerima Bantuan Pangan di Kabupaten Soppeng Sebanyak 18.603 KK yang Tersebar di 70 Desa/Kelurahan, Setiap Rumah Tangga Sasaran Mendapatkan 10 Kg selama 3 (Tiga) Bulan berturut- turut yaitu Bulan Maret-Mei 2023. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com