Nama : Yeni Agustina
Mahasiswi : Univ. Nahdlatul Ulama Indonesia

Raid (2018) adalah film India pertama berdasarkan pajak penghasilan, Kita dapat mengambil kesimpulan dari film Raid 2018 bahwa kita dapat melapor kepada Komisi Pemberantasan Korupsi untuk laporan aset atau membayar pajak penghasilan yang kita terima atas apapun yang kita lakukan atau kerjakan, khususnya yang berkaitan dengan penghasilan dan harta benda.

Hal ini untuk dinas pajak penghasilan wajib melakukan pengecekan karna agar tidak ada tindakan korupsi yang terjadi, maka harus juga dilakukan dengan cara yang jujur, transparan, dan akuntabel.

Harus ada laporan pertanggungjawaban pengelolaan dana masyarakat, menurut Pasal 23 Ayat 5 UUD 1945. Laporan ini menjadi bukti betapa akuntabelnya entitas pemerintah kepada masyarakat luas yang merupakan pelaku utama dalam pengelolaan keuangan negara. sebagai alat untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah.
Untuk menciptakan standar dalam pelaporan keuangan pemerintah bagi pihak terkait, mulai dari DPR, BPK, hingga masyarakat, informasi mengenai keuangan negara harus akurat dan tercatat dengan baik. Sistem pencatatan dan pembukuan ini dikenal sebagai akuntansi pemerintahan.

Diperlukan suatu sistem untuk mengelola keuangan yang terjadi agar dapat mengendalikan keuangan karena jika akuntansi pemerintahan tidak berjalan dengan baik maka keuangan negara tidak akan terkendali dan tidak sebanding dengan pengeluaran dan pendapatan yang dilaporkan. Perangkat lunak akuntansi dapat digunakan oleh seorang akuntan juga untuk merampingkan proses pencatatan dan pembukuan. cepat dan sederhana, tujuan utama dari system akuntansi dan laporan keuangan adalah untuk meningatkan efisiensi dalam pengelolaan keuanagan organisasi.

Tercatat bahwa di Film yang berjudul Raid (2018) dapat kita ambil sisi positif bahwasannya pegawai negeri sepeti PNS harus mematuhi aturan dan sesuai dengan wewenang yang berlaku, saat adanya tugas dinas akan penyuluhan harta seseorang pengusaha maka harus dilakukan secara transparansi dan sesuai dengan undang undang yang berlaku dan tidak menerima suap akan hal yang di terima oleh yang bersangkutan.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com