Katasulsel.com, Sidrap — Duo Penjabat (Pj) Sekretaris di Sulawesi Selatan, yaitu Sekretaris Provinsi (Sekprov) Drs. Andi Muhammad Arsjad, M.Si dan Pj Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sidrap, Muhammad Yusuf, SH., MKn, telah mendukung penuh program budidaya pisang Cavendish di Kabupaten Sidrap. Keduanya terlihat kompak mendampingi Pj Gubernur Sulsel, Dr. Bahtiar Baharuddin saat melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Sidrap pada tanggal 11 Januari 2024.

Sejak dicanangkan di Desa Buae, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, program budidaya pisang Cavendish ini telah menjadi salah satu program unggulan Pj Gubernur Sulsel dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat Sulsel, dan terutama petani di Sidrap. Pisang Cavendish diklaim memiliki prospek bisnis yang menjanjikan karena memiliki nilai ekspor yang tinggi.

Sekprov Sulsel, Andi Arsjad dan Pj Sekkab Sidrap, Muhammad Yusuf, menunjukkan dukungan penuh terhadap program gubernur tersebut untuk dikembangkan di Sidrap, Bumi Nene Mallomo. Selain itu, Andi Arsjad, yang merupakan putra daerah Sidrap, juga mengajak seluruh masyarakat di sana untuk terlibat dalam budidaya pisang Cavendish tersebut. Pj Sekkab Sidrap, Muhammad Yusuf, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong mereka untuk membudidayakan jenis komoditi yang berkualitas ini.

Menanggapi hal ini, Muhammad Yusuf menyatakan bahwa ke depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap melalui instansi terkait akan mengembangkan komoditi lain seperti kacang tanah, jagung, dan jenis lainnya dalam mendukung peningkatan pertanian di daerah tersebut.

Program budidaya pisang Cavendish di Sidrap ini dapat menjadi peluang besar bagi petani untuk meningkatkan pendapatannya dan juga memberikan dampak yang positif bagi perekonomian daerah. Dengan dukungan penuh dari para pemangku kebijakan, seperti Pj Sekretaris, diharapkan program ini dapat terus berkembang dan dapat memberikan manfaat yang berkesinambungan bagi masyarakat di Sulsel.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com