Katasulsel.com, Soppeng — Dalam hitung cepat Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 29 Februari 2024, terlihat bahwa wajah baru mendominasi calon legislatif (caleg) DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) dari daerah pemilihan (dapil) 8 Soppeng-Wajo. Dari total 1.940 Tempat Pemungutan Suara (TPS), telah terhitung 1.725 TPS atau 88,92 persen suara masuk.

Dalam perolehan suara, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) berhasil mendominasi dengan mengumpulkan 64.470 suara. Hal ini memberikan hak kepada partai tersebut untuk mengirimkan dua kader mereka ke parlemen Sulsel.

Hasil hitung cepat menunjukkan bahwa suara terbanyak diraih oleh Gerindra dengan jumlah 64.470 suara, diikuti oleh Golkar dengan 57.388 suara, PKB dengan 42.239 suara, Demokrat dengan 30.677 suara, NasDem dengan 26.944 suara, dan PPP dengan 24.233 suara.

Kursi pertama berhasil diraih oleh caleg Gerindra, Sultan Tajang, dengan total 22.459 suara. Sultan Tajang merupakan seorang pendatang baru di DPRD Sulsel dan juga dekat dengan ketua Gerindra Sulsel, Andi Iwan Aras.

Sementara itu, kursi kedua berhasil diraih oleh caleg Golkar, Andi Muhammad Ikram, dengan total 44.879 suara. Andi Ikram juga merupakan pendatang baru di DPRD Sulsel dan merupakan putra dari Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak.

Kursi ketiga ditempati oleh caleg PKB, Andi Ayoga Fadel Akbar, dengan total 14.473 suara. Andi Ayoga juga merupakan wajah baru yang akan menjadi anggota parlemen Sulsel untuk periode 2024-2029.

Caleg Demokrat, Selle KS Dalle, berhasil mempertahankan kursinya sebagai petahana dengan total 22.088 suara, sehingga menduduki kursi keempat di antara beberapa petahana yang bertarung di dapil Soppeng-Wajo.

Kursi kelima berhasil diraih oleh caleg NasDem, Suriadi Bohari, dengan total 9.079 suara. Suriadi juga merupakan pendatang baru di DPRD Sulsel.

Caleg PPP, Sufriadi Arif, berhasil meraih kursi keenam dengan total 19.167 suara. Sufriadi Arif juga merupakan wajah baru di DPRD Sulsel.

Sedangkan kursi ketujuh kembali diraih oleh caleg Gerindra, Andi Saiful, dengan total 19.864 suara. Andi Saiful berhasil mengalahkan petahana Henny Latif dalam perebutan kursi kedua Gerindra.

Dengan dominasi wajah baru di DPRD Sulsel dapil 8 Soppeng-Wajo, diharapkan akan terjadi perubahan dan inovasi yang segar dalam pembangunan daerah dan pengambilan keputusan di tingkat legislatif. Para caleg baru ini diharapkan dapat mewakili aspirasi masyarakat dengan baik dan memberikan kontribusi positif bagi Sulsel ke depannya.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com